Mana yang lebih baik, Kamera Besar atau Kecil?

kamera besar atau kecil

Pernahkah anda merasa sulit sekali mencari satu kamera yang ideal, kalaupun ada kamera plusnya banyak, tapi minusnya juga ada? Apa anda penasaran saat melihat ada kamera yang begitu spesifik fiturnya tapi harganya jadi mahal? Ya karena hidup ini adalah pilihan. Memilih kamera juga gampang-gampang susah rupanya, karena tidak ada satu kamera yang memenuhi semua keinginan kita. Kita mesti berkenalan dengan sebuah istilah yang namanya trade-off.

Saya ingin menanyakan apakah lebih baik kamera yang besar atau kecil saja sudah cukup ?

Kamera yang besar, misalnya DSLR, punya genggaman yang mantap. Bobotnya yang berat juga membantu kita memotret lebih stabil. Dengan ukuran yang besar bisa mengakomodir banyak hal, misal ada LCD tambahan di atas, banyak tombol dan roda, baterai lebih besar (artinya lebih tahan lama), mungkin bisa dua slot memory card dsb. Kamera kecil, misal mirrorless, lebih mudah dibawa dan praktis dalam pemakaian, tidak terlalu menarik perhatian publik, tidak membuat tas kita jadi berat dsb.

Tapi dengan ukuran yang kecil artinya handling jadi kurang stabil, juga tidak banyak ruang tersisa untuk banyak tombol, bahkan untuk sekedar flash pun bisa jadi tidak ada tempat, mungkin juga jendela bidik apalagi untuk layar LCD tambahan. Kamera kecil juga artinya baterainya akan ikut kecil sehingga kita mesti punya beberapa baterai cadangan, yang artinya lebih banyak pengeluaran ekstra.