Mana yang lebih baik, Adobe RGB atau sRGB?

Adobe RGB atau sRGB

Dalam menghasilkan sebuah foto melalui kamera ataupun mencetak hasil foto tersebut tentu kita harus menentukan format warna apa yang akan kita gunakan. Menurut Anda apasih yang membedakan antara kedua format tersebut. Apa satu lebih unggul dari yang lainnya atau ada saat-saat tertentu dimana kedua format tersebut baik untuk digunakan?

Tentunya saya sendiri memilih adobe RGB karena mendukung jarak warna yang sangat luas sekali dibandingkan sRGB. tapi Adobe RGB ini juga tidak didukung oleh semua komponen hardware, hanya monitor monitor tertentu yang mendukung Adobe RGB ini. Tapi jelas Adobe RGB paling cantik

Menurut saya hampir semua orang akan memilih sRGB. Adobe RGB menawarkan beberapa keuntungan, tetapi juga beberapa kekurangan jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Inilah kelebihannya:

Adobe RGB memiliki gamut yang lebih lebar dan karenanya dapat mengencode range warna yang lebih luas, memungkinkan Anda menampilkan range warna yang lebih luas pada perangkat yang kompatibel dan mampu menampilkan warna-warna ini. Jika Anda mengedit dalam Adobe RGB, ada risiko lebih kecil dari warna klip yang tidak sengaja.
Berikut beberapa perangkapnya:

  1. Anda harus menggunakan aplikasi colorspace aware (dan Anda perlu memahami cara menggunakan aplikasi itu dengan benar).

  2. Jika Anda berurusan dengan file 8 bit dan Anda menggunakan colorspace gamut yang lebih luas, seperti Adobe RGB, akan ada penyebaran yang lebih besar antara warna yang dapat diwakilkan dan risiko lebih besar dari bandingan atau posterisasi jika Anda melakukan penyesuaian ekstrim.

  3. Karena sebagian besar dunia akan menganggap bahwa file Anda dalam format sRGB, Anda perlu memeriksa format apa yang orang lain atau perangkat lain (seperti printer) harapkan dan dikonversi kembali ke sRGB dalam banyak kasus. Ini termasuk sebagian besar web browser dan bahkan banyak printer.

Sumber: FAQ About Photography

1 Like