Makanan dan minuman apa saja yang menjadi penyebab bau mulut?

bau mulut

Makanan dan minuman apa yang biasanya menjadi penyebab bau mulut?

Seperti dikutip WebMD, ada beberapa makanan dan minuman penyebab bau mulut, yaitu:

  1. Bawang putih dan bawang bombay
    Lisa Harper Mallonee, MPH, RD, profesor di Texas A&M Health Science Center Baylor College of Dentistry, mengatakan kedua bahan makanan tersebut merupakan daftar teratas penyebab bau mulut atau halitosis.

    Ini dikarenakan senyawa sulfur dalam kedua bawang tersebut masih tertinggal di dalam mulut Anda dan diserap ke dalam aliran darah, kemudian dikeluarkan ketika Anda mengeluarkan napas,” ujar Lisa.

  2. Kopi dan alkohol
    Ketika Anda minum kopi dan alkohol, Anda akan menciptakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan bakteri di mulut. Kopi dan alkohol juga dapat mengeringkan mulut dengan mengurangi aliran saliva dan membuat bakteri penyebab bau tinggal lebih lama.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/daftar-makanan-minuman-penghilang-bau-mulut/

Berikut adalah 4 makanan yang berperan pada terjadinya bau mulut :

  1. Bawang putih dan bawang merah
    Bawang mengandung senyawa belerang yang cukup tinggi dan akan menimbulkan bau tajam, bahkan setelah menyikat gigi. Karena kandungannya baik untuk tubuh, namun dapat mengakibatkan bau mulut, Anda dianjurkan untuk mengatur pola konsumsi bawang sehari-hari.

  2. Telur
    Makanan ini cukup sering dipilih sebagai menu santap pada segala waktu, karena praktis dan mudah dibuat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi telur dapat merugikan. Karena, selain memicu bau mulut, kuning telur juga tinggi akan kandungan kolesterol.

  3. Daging merah
    Serat daging yang terjebak di sela gigi dapat membusuk dan melepaskan gas senyawa sulfur: penyebab bau mulut.

  4. Susu dan produk olahannya
    Susu mengandung asam amino, yang kemudian akan dibentuk menjadi senyawa sulfur oleh bakteri di dalam mulut. Bisa ditebak bahwa pada beberapa waktu setelahnya, mulut Anda akan terasa lebih bau.

Sumber : www.klikdokter.com