Makanan apa yang banyak mengandung lemak tak jenuh?

Lemak tak jenuh atau yang sering disebut dengan lemak baik adalah jenis lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Lemak tak jenuh dibagi menjadi 2, yaitu lemak tunggal dan lemak ganda.

Makanan apa yang banyak mengandung lemak tak jenuh ?

1 Like

Makanan Yang Menjadi Sumber Lemak Baik

Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated fat)

  • Buah dan minyak zaitun
  • Minyak canola
  • Minyak dari biji bunga matahari
  • Minyak wijen
  • Minyak kacang
  • Buah alpukat
  • Aneka kacang: almond, kacang macadamia, hazelnut, pecan, kacang tanah, dan kacang mete
  • Selai kacang (untuk roti misalnya)

Lemak Tak Jenuh Ganda (Polyunsaturated fat)

  • Minyak kedelai
  • Minyak jagung
  • Minyak dari biji bunga saf
  • Kacang kenari
  • Biji bunga matahari
  • Wijen
  • Labu
  • Biji rami
  • Sumber lemak dari ikan-ikanan: Salmon, tuna, makarel, haring, trout, dan sarden
  • Susu kedelai
  • Tahu goreng

Lemak tak jenuh dianggap lemak bermanfaat karena dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, meredakan peradangan, menstabilkan demyut jantung, dan memainkan sejumlah peran bermanfaat lainnya. Lemak tak jenuh banyak ditemukan dalam makanan dari tumbuh-tumbuhan, seperti minyak nabati, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ada dua jenis lemak tak jenuh yang “baik”:

  1. Lemak tak jenuh tunggal, ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada makanan berikut.

    • Minyak zaitun, kacang, dan kanola
    • Alpukat
    • Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, dan pecan
    • Biji-bijian. seperti labu dan biji wijen
  2. Lemak tak jenuh ganda, ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada makanan berikut.

    • Bunga matahari, jagung, kedelai, dan minyak biji rami
    • Kacang kenari
    • Biji rami
    • Ikan
    • Minyak canola - meskipun tinggi lemak tak jenuh tunggal, juga merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang baik.

Lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang penting. Tubuh tidak dapat membuat ini, jadi mereka harus berasal dari makanan.

Referensi

Harvard School of Public Health. Types of Fat. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/fats-and-cholesterol/types-of-fat/. Diakses pada 21 Mei 2020.