Makanan apa sajakah yang dapat membuat gigi berlubang?

gigi berlubang

Makanan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan gigi kita menjadi berlubang. Makanan apa sajakah yang dapat membuat gigi berlubang?

Makanan yang dapat membuat gigi berlubang adalah:

  1. Permen
    Makanan yang menyebabkan gigi berlubang pada nomor satu adalah permen. Kadar gula pada permen yang tinggi adalah salah satu penyebab gigi berlubang. Gula termasuk dalam salah satu golongan karbohidrat yang merupakan sumber nutrisi bagi bakteri untuk berkembang biak.

  2. Es batu
    Yang membuat es batu bisa menimbulkan lubang pada gigi kita adalah ketika kita suka menguyah es batu yang keras. Kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan enamel gigi kita menjadi rusak karena es batu. Ditambah lagi apabila kita tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan benar, akan sangat mudah bagi bakteri untuk memperbesar lubang yang ada pada enamel gigi yang telah dirusak oleh es batu.

  3. Selai
    Tanpa kita sadari, dalam pembuatan selai, baik itu selai buah-buahan maupun selai coklat ternyata ditambahkan gula dalam kadar yang cukup tinggi yang bisa membuat gigi kita berlubang.

  4. Popcorn
    Selain gula, kandungan lain dalam popcorn yang bisa membuat gigi kita berlubang adalah kandungan sodium yang bisa membuat kita kehausan dan mengurangi produksi air liur kita. Tekstur popcorn yang suka masuk ke sela – sela gigi kita menjadi jalan bagi bakteri untuk membusukkan pop corn, menempel, dan merusak enamel gigi kita.

  5. Coklat
    Selain kandungan gula yang tinggi dalam coklat yang membuat bakteri bisa tumbuh subur pada gigi kita, coklat juga bisa mempengaruhi sinyal otak kita untuk membuang air dalam jumlah yang lebih besar atau dalam kata lain adalah dehidrasi. Selain dehidrasi, coklat juga bisa menurunkan produksi air liur. Karena itu, jangan konsumsi coklat sebelum tidur dan beralihlah pada coklat putih untuk mengurangi resiko tadi.

  6. Roti tawar
    Yakin nih roti tawar bisa membuat gigi kita berlubang juga? Tentu saya yakin, karena ada kandungan gula dan karbohidrat di dalam roti tawar. Adanya gula tentu bisa kalian rasakan sendiri, roti tawar akan terasa manis di mulut. Yang memperparah lagi adalah, teksturnya yang lembut dan seolah-olah meleleh dalam mulut kita membuat roti tawar bisa dengan sempurna masuk ke sela-sela gigi.

  7. Daging
    Tekstur daging yang berserat dan sulit dibersihkan apabila sudah tersangkut di sela-sela gigi kita akan cepat membusuk apabila tidak kita bersihkan. Pembusukan yang dilakukan oleh bakteri ini juga membuat bakteri merusak dan menempel pada enamel gigi.

  8. Buah-buahan
    Buah-buahan yang diklaim sebagai makanan sehat ternyata juga masuk ke dalam makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Pada buah-buahan manis, kandungan gula yang merupakan sumber nutrisi bisa membuat bakteri berkembang biak. Sedangkan pada buah-buahan masam, asam yang ada pada buah-buahan tersebut juga bisa memicu dehidrasi dan berkurangnya produksi urine.

  9. Gorengan
    Gorengan bisa membuat gigi kita berlubang, hal ini dikarenakan, rata-rata makanan yang digoreng memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan tubuh kita dehidrasi dan membuat produksi air liur berkurang.

  10. Cabai
    Selain dampak pada lidah, ternyata cabai juga bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih yang membuat siklus air dalam tubuh kita menjadi tidak normal.

  11. Pempek
    Kandungan asam pada kuah pempek bisa menggerus enamel gigi kita dan menyebabkan bakteri yang ikut bersama makanan lebih mudah untuk membentuk lubang pada gigi. Segeralah meminum air putih setelah makan pempek untuk mengurangi kadar asam karena kuah pempek tadi.

  12. Fast food
    Makanan cepat saji atau fast food yang biasa kita jumpai pada restoran tentunya tidak akan lupa menambahkan MSG dalam pembuatan makanannya. MSG yang dicampurkan tadi ternyata mengandung asam sodium glutanik yang bisa mengikis enamel gigi kita.

  13. Kentang Goreng
    Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kentang membuat bakteri memiliki cukup nutrisi untuk berkembang biak.

  14. Keju
    Selain karbohidrat ternyata bakteri juga bisa menggunakan lemak dan protein sebagai sumber nutrisi, hal ini menyebabkan keju masuk ke dalam daftar makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Tekstur keju yang mudah meleleh, menempel pada gigi, dan memiliki kadar lemak yang tinggi akan menjadi sarana yang cocok untuk bakteri berkembang.

sumber: https://halogigi.com/makanan-yang-menyebabkan-gigi-berlubang