Makanan apa saja yang wajib dikonsumsi oleh penderita Hepatitis C?

image
Dilansir Hellosehat.com Hepatitis C adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus. Selain teratur berobat untuk mencegah komplikasi serius, Anda juga perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan sehari-hari. Beberapa makanan bisa merusak fungsi hati sehingga berisiko memperburuk kondisi Anda. Lalu, apa saja pilihan makanan untuk hepatitis yang harus dikonsumsi setiap harinya?

Tips menjaga kesehatan fisik bagi penderita hepatitis C

  1. Menerapkan pola makan yang sehat
    Ketika Anda mengidap hepatitis C, mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan menerapkan pola makan sehat akan membantu hati Anda bekerja dengan lebih baik dan menurunkan risiko hepatitis C yang Anda idap berkembang menjadi sirosis hati atau merusak hati Anda. Pilihlah berbagai jenis makanan yang terbuat dari gandum, buah-buahan dan sayur-sayuran, susu low-fat atau makanan berbasis susu lain, dan makanan yang kaya akan protein sehat seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan kering.

  2. Mengatasi hilangnya nafsu makan
    Beberapa efek samping dari obat-obatan hepatitis C adalah hilangnya nafsu makan. Untuk mengurangi rasa lemas akibat kurang makan, cobalah untuk memakan sedikit demi sedikit, namun sering. Hindari makan makanan yang pedas atau asam. Untuk melawan rasa pahit di mulut Anda, Anda bisa makan beberapa sendok yogurt setengah jam sebelum jam makan Anda.

  3. Hindari meminum alkohol
    Hepatitis C menurunkan kemampuan hati untuk menghancurkan alkohol dan membuang produk racun dari alkohol tersebut di tubuh Anda. Kalau Anda tetap meminum alkohol saat Anda mengidap hepatitis C, maka konsekuensinya adalah hati Anda semakin rusak dan mempercepat terjadinya sirosis hati. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk penderita hepatitis C meminum minuman beralkohol.

  4. Beraktivitas fisik secara aktif
    Ketika Anda terserang hepatitis C, berolahraga secara rutin dapat membantu Anda meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan sekaligus mengatasi efek samping dari obat-obatan yang Anda minum, seperti lemas dan depresi. Olahraga yang paling ideal adalah aktivitas yang tidak bisa dilakukan dalam tempo stabil, misalnya berjalan kaki atau berenang. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang olahraga apa yang paling cocok untuk Anda.