Makanan apa saja yang dapat menyebabkan gigi kuning?

gigi kuning

Apa saja makanan atau minuman yang menyebabkan gigi kuning? Kira-kira adakah cara-cara tertentu untuk mencegah gigi kuning meski sering mengonsumsi makanan atau minuman tersebut?

  1. Teh
    Teh, terutama yang hitam dapat menyebabkan gigi kuning lebih daripada kopi. Teh herbal dan white tea juga dapat menyebabkan gigi kuning.

  2. Saus
    Saus sambal, tomat, bahkan kecap yang pekat dapat menyebabkan gigi kuning.

  3. Sport Drinks
    Seperti Gatorade dan Pocari Sweat, sport drinks bersifat asam dan dapat mengikis enamel gigi.

  4. Buah dan Beri
    Termasuk olahan dan jusnya. Buah seperti bluberi, blackberry, ceri, delima, dan buah-buahan berwarna pekat dapat menguningkan gigi. Buah-buahan berwarna pucat juga dapat mengikis enamel sehingga dapat menyebabkan gigi kuning juga.

  5. Soda
    Soda bersifat asam dan mengandung pewarna buatan. Bahan penambah rasa pada soda juga dapat mengikis enamel.

  6. Permen
    Bila permen tersebut membuat lidah berubah warna, sangat besar kemungkinannya permen tersebut juga dapat membuat gigi kuning.

Cara pencegahan:

  1. Mengurangi konsumsi makanan di atas secara berlebihan.
  2. Minum soda, jus, dan the dengan sedotan agar minuman tidak mengenai gigi.
  3. Jangan membiarkan minuman di atas berlama-lama di mulut—segera telan.
  4. Berkumur setelah makan atau minum yang di atas. Lalu sikat gigi setelahnya, namun bila minuman atau makanan yang baru dikonsumsi bersifat asam, tunggu 1 jam sebelum menggosok gigi agar enamel tidak rusak. Atau mengonsumsi permen karet tawar.

sumber: webMD

1 Like

Gigi menjadi kuning tentu memiliki banyak penyebab salah satunya tidak mengetahui makanan dan minuman yang kurang baik dikonsumsi sehingga mudah untuk membuat gigi menjadi kuning. Berikut beberpa makanan dan munuman yang dapat membuat gigi Anda berubah warna menjdi kuning yang sebaiknya dikurangi.

1 Soft Drink.

Soft drink merupakan minuman yang bersoda, nikmat dan tentu banyak diminati oleh orang, namun sebaiknya Anda waspada karena dibalik rasanya yang nikmat, soft drink ternyata salah satu jenis minuman yang dapat merusak gigi dan membuat gigi menjadi kuning. Sebab di dalam soft drink terdapat kandungan gula yang sangat banyak yang bisa mempengaruhi keasaman pada gigi. Sehingga hal itulah yang kemudian memberikan efek kekuningan pada gigi.

2 Kopi.

Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Sebab kafein yang ada pada kopi bisa melekat pada permukaan gigi yang menjadikan gigi kekuningan.

3 Teh.

Teh memiliki efek yang sama dengan kopi terhadap noda kekuningan pada gigi anda. Untuk itu hindarilah mengonsumsi teh sesering mungkin untuk menjaga gigi Anda tetap putih.

4 Soy Sauce.

Soy sauce pada biasanya terdapat pada makanan jepang. Soy sauce sangat beresiko untuk membuat gigi Anda menjadi kuning. Sehingga saat setelah Anda selesai mengkonsumsi soy sauce segeralah menggosok gigi.

5 Kari dan Makanan Berbumbu Kunyit.

Kari merupakan jenis makanan yang mengandung kaya aneka bumbu rempah sehingga dikenal dapat membuat gigi Anda menjadi kuning. Selain itu makanan yang mengandung kunyit juga sangat tidak baik untuk menjaga gigi putih Anda.