Makanan apa saja yang dapat menyebabkan gigi keropos?

ternyata gigi keropos dapat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. apa saja jenis makanan tersebut?
keropos

Berikut saya paparkan makanan yang dapat menyebabkan gigi Anda keropos:

1.Minuman bersoda
Sebab tingginya kandungan senyawa asam fosforik di dalamnya ternyata dapat mempercepat proses peluruhan struktur lapisan pelindung gigi.

  1. Roti
    Jarang yang mengetahui bahwa kandungan zat asam dalam roti terbukti mempermudah terjadinya proses demineralisasi; yang mana merupakan penyebab utama terjadinya gigi keropos. Jadi, saya sarankan jangan berlebihan mengonsumsi makanan ini ya!

  2. Permen dan cokelat
    Ternyata, kandungan gula yang tinggi pada dua bahan pangan ini dapat meningkatkan risiko fermentasi gula di dalam mulut, lho! Hasilnya, gigi Anda pun akan lebih rentan mengalami keropos.

  3. Buah-buahan yang memiliki rasa asam
    Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan yang bersifat asam, seperti jeruk nipis dan mangga muda, memang sangat baik untuk tubuh karena berkhasiat untuk mencegah timbulnya sariawan hingga menjaga kesehatan kulit. Tapi, jiga dikonsumsi secara berlebihan, kandungan asam di dalamnya dapat mengakibatkan enamel gigi rusak dan keropos, lho!

  4. Acar dan asinan
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gigi yang terlalu sering terpapar zat asam akan cepat mengalami peluruhan mineral yang memicu gigi keropos. Nah, karena alasan tersebutlah, Anda saya sarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi zat asam, semisal acar, cuka, dan asinan jika tidak ingin gigi Anda keropos.

  5. Alkohol
    Alasannya tidak lain karena tingginya kandungan gula dan asam di dalamnya terbukti dapat merusak enamel gigi. Akibatnya, gigi Anda rentan mengalami pengeroposan dan pembusukan.

sumber: https://www.kompasiana.com/fritawarasati/gigi-keropos-ternyata-makanan-ini-penyebabnya_58cf5a4df77e61690be9b9c5