Makanan apa saja yang dapat mencegah gusi berdarah atau bengkak?

Gusi bengkak dan berdarah

Gusi bengkak dan berdarah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan gangguan mulut yang tidak ringan. Makanan apa saja yang dapat mencegah gusi berdarah?

Penyebab gusi bengkak dan berdarah sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi.
Menurut penelitian, penyakit gusi dapat menginfeksi atau bahkan merusak gigi. Penyakit tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 15 persen.

Ciri-ciri utama gusi yang ideal adalah berwarna merah muda, kencang dan dapat menahan gigi dengan kuat.

Makanan yang baik untuk kesehatan gusi antara lain :

  1. Daging tanpa lemak
    Tidak sembarangan daging yang bisa Anda makan jika Anda mengalami kondisi gusi berdarah. Pastikan Anda memilih daging tanpa lemak. Lemak binatang diketahui sangat buruk untuk jantung, sehingga ada baiknya Anda tidak mengonsumsi daging yang kaya akan lemak.

    Joe Tagliarini seorang dokter gigi dari Comprehensive Dental Health, mengatakan bahwa daging sapi, daging kambing, dan tiram kaya akan kandungan seng. Mineral dalam kandungan daging sapi berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan meningkatkan sistem imun yang bisa melawan penyakit gusi. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada daging dan makanan laut seperti ikan dapat membantu Anda untuk melawan penyakit gusi.

  2. Biji-bijian utuh dengan susu dan jus jeruk
    Kombinasi ini sangat menyehatkan dan baik untuk gusi. Kalsium dari susu akan membentuk gigi yang sehat dan kuat. Sementara kandungan vitamin C dari jus jeruk membantu gusi untuk melakukan penyembuhan sendiri.
    Sebuah penelitian mengungkapkan, susu dapat menurunkan kadar asam dalam mulut sehingga membantu menghilangkan bakteri. Para peneliti menyarankan untuk tidak mencampurkan gula dalam susu maupun jus jeruk karena gula justru dapat meningkatkan kadar asam dalam mulut.

  3. Buah dan sayur
    Anda pasti sudah tahu bahwa buah dan sayur kaya akan antioksidan yang meningkatkan sistem imun. Buah dan sayur bisa menjadi pilihan makanan untuk gusi berdarah, terutama sayur-sayuran hijau seperti bayam, ubi, wortel, labu, dan buah-buahan yang berwarna kuning. Sayuran dan buah-buahan ini dapat memberikan antioksidan yang tinggi bagi tubuh. Sayuran dan buah-buahan juga mengandung betakaroten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/makanan-untuk-gusi-berdarah/