Lukisan Nepal abad ke-7 sampai abad ke-19

Seni lukis Nepal berkembang dari lukisan-lukisan religius yang dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan Budha di Nepal. Bagaimana perkembangan lukisan nepal abad ke-7 hingga abad je-9 ?

  • Lukisan-lukisan Mithila dipraktekan di daerah Mithila di Nepal dan India. Kesenian lukis yang berasal dari wilayah ini berasal dari abad ke-7. dilakukan dengan ranting, jari, pewarna alami dan pigmen. Seniman membuat gambar benda alam seperti matahari, bulan, dan dewa dari mitologi, istana kerajaan, dan pernikahan.[4] Ilmuwan juga telah menemukan banyak seni-seni Buddha di gua-gua di daerah Mustang yang berasal dari abad ke-12 atau lebih awal.[5]

  • Terdapat variasi yang berbeda pada gaya, teknik, bahan dan subjek lukisan di setiap grup etnis yang berbeda. Seniman-seniman dari Newar membuat sebagian besar lukisan dalam bentuk manuskrip Buddha dan juga lukisan-lukisan devosional di atas kain. Artis Newari terkenal di seluruh Asia karena kualitas kesenian yang tinggi.[1] Sebuah gaya melukis Newar yang bernama Beri adalah gaya lukisan yang populer di Tibet. Gaya Beri diadopsi sebagai gaya melukis universal di Tibet terutama pada abad ke-14.