Logan Green : Co-Founder and CEO Lyft Inc, Perusahaan Transpotasi Publik

Biografi Logan Green


Perkerjaan

Co-Founder and CEO Lyft Inc.

Afiliasi lainnya

eBay Inc.

Tempat dan Tanggal Lahir

California, 1 November 1985.

Kewarganegaraan

America

Pendidikan

Business Economic with Accountant Emphasis, Universitas California Santa Barbara
2006

Total Kekayaan

US$ 530 Million Dollar – 7,6 Trilliun Rupiah (2016)

Riwayat Hidup


Logan Green di besarkan di Los Angles, di kota tempat terjadinya masalah kemacetan yang tinggi. Hal ini yang menggebrak obsesi hidupnya dengan transportasi.

Setelah tamat dari New Roads High School di Santa Monica, California. Logan Green kemudian, memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Universitas California Santa Barbara. Saat kuliah, Green mulai melakukan eksperimen pada hidupnya sendiri. Ia memutuskan untuk meninggalkan mobilnya dirumah dan bereksperimen dengan metode transportasi lainnya, mulai dari keteta, bus, sepeda, dan carpooling dengan teman – temannya.

Setelah tamat kuliah pada tahun 2006 Logan Green melakukan perjalanan ke Zimbabwe pada saat pemerintah gagal menyediakan transportasi publik. Di sana, ia melihat sistem transportasi publik dengan sistem ride-sharing (berbagi kendaraan pribadi dengan orang lain).

Riwayat Karir


Resume berjudul “Logan’s Life Plans” merupakan resume yang dibuat Logan Green untuk melamar perkerjaan pertamanya saat keluar dari perguruan tinggi. Ini merupakan judul megah untuk seseorang yang masih berumur 22 tahun untuk menunjukan apa peran junior sebagai koordinator di UC Santa Barbara. Resume tersebut membawanya untuk berkerja di UCSB.

Logan green, menghabiskan masa kecilnya di Southern California dengan terjebak dengan banyaknya masalah lalu lintas. Permasalahan ini membuat Logan tertarik dalam memecahkan kekurangan transportasi. Setelah menyadari batas angkutan umum, Logan memulai program bisnis carpooling yang awalnya dirancang untuk membantu mahasiswa pulang kerumah selama liburan. Layanan ini disebut Zimride.

Zimride memiliki tujuan untuk membawa carpooling ke area media sosial dan smartphone. Zimride memfasilitasi perjalanan-sharing dengan mencocokkan penumpang dengan driver yang memiliki kursi kosong dan berencana untuk berpergian dengan rute yang sama. Didukung oleh $250000 uang bibit dari Facebook telah membangun bisnis perangkat lunak ini menjadi perusahaan dengan enam karyawan fulltime, dan telah berkerjasama degan Zipcar untuk mencocokkan pengendara dengan penyewa mobil di kota – kota besar.

Pada bulan April 2007, Zimride melakukan liputan pers pertamanya di Mashable. Segera setelah itu, ia menarik perhatian John Zimmer, yang akan bergabung dengan mereka untuk mengejar membangun platform carpool lebih dapat dipercaya dan sosial.

Pada bulan Juni 2012, John dan Logan datang dengan produk lain dengan Lyft, produk baru yang tidak hanya mendefinisikan sebuah perusahaan carpool. Lyft berusaha merubah cara orang berfikir tentang mendapatkan tumpangan dari orang asing.

Sejak meluncurkan produk Juni 2012, Lyft dengan cepat menjadi salah satu perusahaan teknologi yang paling cepat berkembang dengan lebih dari $ 860.000.000 dibangkitkan dari investor terkemuka Rakuten, Andreessen Horowitz, Coatue dan Founders Fund dan telah ditampilkan dalam The Economist, New York Times dan pada NBC TODAY Show.

Pada bulan Juni 2016 eBay mengumumkan Logan Green untuk menjadi Dewan Direksi.

Fakta


  1. Logan Green memberi nama Zimride setelah kembali dari Zimbabwe, dimana ia telah mengamati sistem transportasi umum yang dibuat warga setempat.
  2. Logan Green muncul di acara TV “Judge Judy” saat masih menjadi seorang mahasiswa.
  3. Merupakan kedua belas orang termuda anggota dewan Ebay
  4. Di bawah arahan Green, Lyft, yang terakhir senilai US $ 5,5 miliar telah berkembang hampir menyaingi Uber
  5. Ketika kuliah di Santa Barbara pada tahun 2002, Logan Green memutuskan untuk meninggalkan mobilnya di rumah untuk membuat eksperimen dengan hidupnya sendiri.
  6. Ketika masih menjadi mahasiswa, Green menciptakan The Green Initiative Fund, dan menjabat sebagai anggota dewan untuk Isla Vista REkreasi dan Park District.
  7. Saat kuliah, Logan Green pernah diangkat ke dewan distrik metro angkutan Santa Barbara.
  8. Saat mendirikan Lyft, Logan Green turun langsung untuk menjadi salah satu driver.
  9. Pada tahun 2009, Logan Green menjadi dalam daftar ajang Business Week sebagai “America’s Best Young Intrepreneurs”
  10. Pada tahun 2014 Logan Green masuk kedalam list “35 Under 35” di Inc. Magazine.
  11. Lyft saat ini di 65 kota di seluruh negeri dengan lebih dari 10 juta wahana bersama untuk saat ini.
  12. Logan Green sangat mengagumi perusahaan Airbnb karena dianggap sebagai pelopor ekonomi-berbagi.

Quotes


“I’ve always been fascinated with how transportation systems work and how cities are designed.”Logan Green

“I start every day reviewing priorities, prepping for meetings, and getting updated on key projects.”Logan Green

“The company culture is about being human, being good to other people. We recently did a survey with our drivers. 48 out of 50 said that they preferred driving with Lyft because they said that passengers were friendlier.”Logan Green

“Uber is a good car service, and that’s exactly what they were when we launched. “Logan Green

[details=Referensi]

Logan Green adalah co-founder dan CEO Lyft, sebuah peer-to-peer ride sharing company, yang didirikannya bersama John Zimmer pada tahun 2012. Lyft beroperasi di sekitar 300 kota A.S. pada bulan Februari 2017. Lyft tumbuh dari Zimride, sebuah perusahaan saham naik yang sebelumnya didirikan oleh Green dan Zimmer pada tahun 2007.

Lahir dari orang tua Yahudi, Green menghadiri New Roads High School di Santa Monica, California. Green lulus dari UCSB pada tahun 2006 dengan B.A. dalam Ekonomi Bisnis. Sementara seorang siswa, Green menciptakan The Green Initiative Fund, bertugas sebagai anggota dewan untuk Areal Rekreasi dan Taman Isla Vista, dan merupakan direktur termuda untuk Santa Barbara Metropolitan Transit District. Dari Agustus 2007 sampai Februari 2008, Green adalah Direktur Keberlanjutan di UCSB. Pada tahun 2007, bersama John Zimmer, Green mendirikan Zimride : Platform yang mengasyikkan yang mengkoordinasikan mobil, khususnya di kampus-kampus.

Green dibesarkan di Los Angeles di mana dia menghabiskan sebagian besar nyawa hidupnya terjebak dalam lalu lintas. Tertarik untuk memecahkan kekurangan transportasi, Green memaksa dirinya untuk melakukan perjalanan keliling California tanpa sebuah mobil. Setelah menyadari keterbatasan transportasi umum, Green memulai program berbagi mobil dan meminta Zipcar untuk menempatkan mobil di UCSB. Karena perusahaan hanya memiliki 100 mobil pada saat itu dan berbasis di Pantai Timur, maka pihaknya tidak dapat menyediakan kendaraan apapun. Sebagai gantinya, Green mengakuisisi Toyota Priuses dan mobil lainnya dan memulai program berbagi mobil yang memungkinkan pengguna membuka kunci mobil dengan identifikasi frekuensi radio. Program ini memiliki lebih dari 2.000 orang di kampus yang berbagi empat mobil.

Green mendapat inspirasi untuk Zimride setelah berbagi perjalanan dari University of California, kampus Santa Barbara untuk mengunjungi pacarnya di Los Angeles. Dia telah menggunakan papan tumpahan Craigslist tapi ingin menghilangkan kegelisahan karena tidak mengetahui penumpang atau supirnya. Saat Facebook membuka API-nya ke pengembang pihak ketiga, Green berpikir “Inilah ramuan yang hilang”.
Green diperkenalkan kepada John Zimmer melalui seorang teman dan pasangan yang awalnya bertemu di Facebook. Nama perusahaan berasal dari negara Zimbabwe, di mana selama perjalanan pada tahun 2005, Green mengamati penduduk setempat yang menayangkan taksi minivan. Dia berkata, "Saya kembali ke AS terinspirasi untuk menciptakan bentuk transportasi yang sama di sini”. Green memiliki pengalaman coding dan mampu mengembangkan situs ini dalam empat bulan.

Zimride meluncurkan versi pertama program rideshare di Cornell University, di mana, setelah enam bulan, layanan tersebut telah mendaftar 20% dari kampus. Dari versi awal Zimride, Green mengatakan, "Angkutan umum rusak. Kami mencoba membuat formulir berikutnya yang sesuai”. Pada tahun 2009, Green dan Zimmer dinobatkan sebagai finalis dalam daftar Business Week dari “Pengusaha Muda Terbaik Amerika”. Pada tahun 2014, Green dan Zimmer dinobatkan dalam daftar “35 Under 35” milik Majalah Inc. Dia tinggal bersama istrinya di Menlo Park, California. Green menikahi Eva Gronda pada tanggal 04 September 2011.

Sumber :


http://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asppersonId=112691347&privcapId=58995029&previousCapId=58995029&previousTitle=Lyft%20Inc.

Logan Green

220px-Logan_Green_2013
Logan Green merupakan CEO dari Lyft, dan ia merupakan rekan dari John Zimmer. Awalnya, Green bersekolah di New Roads High School. Green lulus dari University of California, Santa Barbara tahun 2006 dengan gelar sarjana muda. Masalah bermula ketika masa kecilnya, ia sangat resah dengan kemacetan. Tiap kali ke sekolah, pulang sekolah, ia sangat benci dengan kemacetan di LA. Saat ia berada di jenjang kuliah, ia berusaha untuk tidak memakai mobil pribadinya untuk membuat eksperimen pada dirinya sendiri. Ia ingin mendapatkan ide-ide kreatif dan solusi dari setiap permasalahan yang ada. Oleh karena itu, di harus merasakan sendiri kesusahan dari semua itu untuk mendapatkan suatu solusi.

Setelah lulus kuliah, Logan dan rekannya, John Zimmer mengambil perjalanan ke Zimbabwe. Saat berada di sana, mereka sadar bagaimana sulitnya untuk mencapai lingkungan sekitar. Sedikit orang yang bisa mengendarai mobil dan juga pemerintah Zimbabwe tidak menyediakan transportasi umum. Saat disana, mereka bertemu dengan pengusaha lokal yang menyediakan jasa menumpang pada sesame transportasi. Menurut mereka ini merupakan ide yang sangat cemerlang dan bisa diterapkan di Amerika. Akhirnya pada tahun 2007 dibangunlah Zimride oleh mereka yang menyediakan jasa menumpang pada kendaraan orang lain.

Pada tahun 2013, akhirnya Lyft terbentuk hingga sekarang. Dan sampai sekarang, Logan telah mendapatkan banyak penghargaan dan membuat namanya di kenal di dalam dunia bisnis. Logan dan partner bisnisnya John Zimmer telah menjadi finalis di ajang America’s Best Young Enterpreneurs by Business Week. Pada tahun 2014, mereka masuk ke dalam 35 under 35 daftar oleh Inc. Magazine. Logan sendiri, berpendapatan sangat banyak. Ia mengubah bisnisnya itu sendiri, menjadi multi billion dollar corporation. Sekarang, ia mendapatkan pendapatan sebesar $300 juta dolar.

Jauh sebelum Zimride, Logan Green ingin mengubah cara pandang seseorang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Terlahir di California Selatan, Ia dikelilingi oleh orang-orang yang mengendarai mobilnya sendiri. Logan Green mengaplikasikan pekerjaan pertamanya dengan menyerahkan resume dan dokumen berjudul “ Logan’s Life Plan”. Itu merupakan suatu hal yang mengagumkan apalagi dengan pemikiran seorang pemuda berumur 22 tahun yang masih memiliki peran sebagai junior. Menurut teman-temannya, Logan Green merupakan orang yang berpegang teguh pada transportasi. “Transportasi merupakan hal yang penting untuknya, Ia merupakan orang yang menggunakan daya transportasi umum. Dan dia adalah salah satu orang yang aku tahu yang bisa mengambil bus di L.A” kata Van Horn.

Disaat umurnya sekarang, 32 tahun. Ia menjalankan sebuah perusahaan yang sangat besar dan ia mungkin tidak mengekspektasi sampai sebesar ini. Di Lyft sendiri, ia mengurusi tentang kepemilikan kendaraan dan saat ini sedang mengembangkan self-driving cars . Ia memiliki prinsip, bahwa perusahaannya tidak perlu membuang-buang jutaan dolar untuk membuat sebuah identitas perusahaan, tetapi ia ingin perusahaannya memiliki ciri khas yang ramah.

sumber:


http://www.founderly.com/2012/04/logan-green-zimride-1-of-2/
http://moneyinc.com/logan-green-10-things-didnt-know-lyfts-ceo/

Logan Green

Logan D. Green adalah Co-Founder Lyft inc. Sebuah perusahaan transportasi sharing berbasis mobile , yang ditemukannya bersama John Zimmer pada 2012. Logan green lahir dari orang tua Yahudi. Ia tamatan UCSB tahun 2006 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ketika berada di bangku kuliah, green membentuk The Green Initiative Fund . Ia juag menjadi direktur termuda untuk Santa Barbara Metropolitan Transit District. Pada tahun 2007 bersama John Zimmer, ia menemukan Zimride, sebuah program berbagi tumpangan yang mengendalikan transportasi/ taksi antar kampus.

Green tumbuh besar di Los Angeles , dimana ia sering sekali terkena kemacetan. Tertarik untuk memperbaiki transportasi, Green memberanikan diri untuk travelling ke sekitar California tanpa mobil. Disini ia mendapatkan inspirasi , dia menyadari keterbatasan dari transportasi public. Ia melihat hanya ada 1 orang di setiap mobil, dan ia menyadari betap tidak efektifnya itu. “ Jalanan sepi, tidak ada yang mengemudi , dan pemerintah terlalu sibuk menghancurkan negara disbanding memikirkan transportasi public “. Di masa kuliahnya dia mencoba apa yang akan terjadi jika ia meninggalkan mobilnya dirumah. Ia berpergian menggunakan bus , kereta , mengendarai sepeda, atau minta tumpangan temannya. Namun semua cara ini tidak memuaskannya.

Saya menyadari jika opini public dengan skala besar tidak berubah, maka transportasi public hanya akan jadi begitu-begitu saja atau bahkan lebih buruk

Pada tahun 2006 , Facebook merilisis versi pertama API , yang memberikan kesempatan bagi para developer untuk membuat aplikasi . Logan memanfaatkan ini untuk membuat perangkat online dimana pengguna dapat menemukan ataupun menyediakan mobil/angkutan bagi pengguna lainnya.

Perjalananannya ke Zimbabwe adalah yang paling menginspirasinya. Disana tidak banyak orang yang dapat membeli mobil, transportasi publik pun tidak ada. Mereka melihat beberapa pengusaha lokal yang mempunyai kendaraan sendiri , menyediakan jasa angkutan bersama. Ini memberikan mereka ide yang sempurna. Sejak itu lahirlah Zimride.

Pada December 2006 Logan bekerjasama dengan Van Horn , dan keduanya bekerja bersama dengan part-time developer lainnya untuk mengembankan platform tersebut. Popularitas Facebook di kalangan mahasiswa kala itu membuat Zimride mendapatkan banyak peminat. Salah satu yang tertarik dengan postingan facebooknya adalah John Zimmer.

Ketika pertama kali bertemu dengan John Zimmer , Logan langsung yakin kalau mereka punya persepsi yang sama . Hanya saja Green membawa pengalamannya dalam politik lokal , sedangkan John lebih ke arah akademik. Logan orang yang diam dan tenang , sedangkan John jauh lebih ekspresif. Logan tipe yang menyimpan opini nya untuk hal-hal yang penting, sedangkan John menyelesaikan masalah dengan berbicara. Berbeda cara, tapi mereka tetap bekerja sama dengan sangat baik.

Zimride kemudian berubah nama menjadi Lyft Inc. dan perusahaan nya tersebut hingga kini terus berkembang menjadi perusahaan transportasi sharing no 1 di US. Logan telah mendapatkan banyak penghargaan dari hasil jeripayahnya tersebut. Pada tahun 2009 , Logan dan John menjadi finalsit dalam America’s Best Young Entrepreneurs by Business Week, keduanya juga masuk kedalam 35 list dalam Inc. Magazine. Tentu saja, tidak akan lama lagi sampai mereka mendapatkan penghargaan lainnya.

Source :
http://moneyinc.com/logan-green-10-things-didnt-know-lyfts-ceo/