Let Me Tell You : Dirimu Sendiri adalah Sumber Inspirasi

Kalau kamu masih merasa bahwa kamu membutuhkan inspirasi sebagai motivasi utama kamu, mungkin kamu harus melihat ke diri sendiri untuk menemukan inspirasi tersebut.

Tanpa harus berlibur keluar kota, luar negeri, atau menyewa kamar hotel, kamu masih bisa mendapatkan inspirasi dari diri sendiri. Kamu bisa mengambil pengalaman sehari-hari kamu, baju yang sedang kamu pakai, bahkan sarapan pagimu untuk dijadikan sebagai inspirasi.

Charles Bukowski menulis puisi tentang ini, yang berjudul Air and Light and Time and Space. Bunyi stanza terakhirnya adalah seperti ini:

baby, air and light and time and space
have nothing to do with it
and don’t create anything
except maybe a longer life to find
new excuses
for.

Sayang, udara dan cahaya dan waktu dan ruang

tidak ada hubungannya dengan ilham

dan tidak akan menghasilkan apapun

kecuali umur panjang

untuk menemukan alasan baru

untuk bermalas-malasan.

Yang artinya, dalam keadaan apapun dan dalam kondisi apapun, seharusnya kita tetap bisa berkarya.

Sumber

Sering merasa frustasi dan seakan-akan menemui jalan buntu ketika menyelesaikan tugas atau pekerjaanmu? Lalu, kamu memilih berhenti sejenak untuk mencari inspirasi. Tapi inspirasi itu tak kunjung datang karena kamu akhirnya justru sibuk melalang buana di berbagai media sosial. Apakah situasi itu akrab di telinga? Berarti mungkin kamu juga sering terlambat atau bahkan tidak menyelesaikan tanggung jawabmu karena kesulitan mengangkat kembali semangat diri?

Kamu manusia yang penuh keterbatasan dan ketidaksempurnaan tapi selalu bisa jadi lebih baik. Kesempatan untuk berkembang dan memperbaiki diri itulah keindahan menjadi manusia. Namun jika kamu terbiasa berpikiran bahwa kamu tidak bisa, tidak mampu, atau tidak sanggup tiap kali menemui kesulitan, sejatinya kamu selalu membuang kesempatanmu untuk jadi lebih baik.

Kebiasaan berpikiran negatif dan memandang rendah kemampuan sendiri ini juga memblokir kemampuanmu untuk memotivasi diri. Karena semakinkamu melihat dirimu untuk mencari inspirasi, otakmu hanya memilih untuk melihat hal-hal yang negatif saja. Alhasil semangatmu jadi semakin turun. Dibandingkan mencari-cari alasan mengapa kamu tidak bisa, coba mulai saat ini cari tahu terlebih dahulu mengapa kamu bisa.