Lee Jae-yong : Harapan baru untuk kesuksesan Samsung

Biografi, Lee Jae-yong


Pekerjaan
Vice Chairman of Samsung Electronics Co. Ltd.

Afiliasi lainnya

  • Cheil Industries Inc.
  • Harvard Business School
  • Samsung Fire & Marine Insurance Co., Ltd.
  • Samsung Life Insurance Co., Ltd.
  • BCcard Co., Ltd.
  • Keio University
  • Seoul National University
  • Doosan Engineering & Construction Co., Ltd.

Tempat dan Tanggal Lahir
Chuncheon, South Korea, 23 Juni 1968.

Kewarganegaraan
South Korea

Pendidikan

  • Bachelor of Arts / Science, Seoul National University.
  • Master of Business Administration, Keio University.
  • Doctorate, Harvard Business School.

Total kekayaan
US$ 5.9 Billions atau 79.9 trilliun rupiah (2016).

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 40 Powerful People (2016)
  • Richest In Tech (2016)
  • Korea’s 50 Richest (2016)
  • 201 Billionaires (2016)

Riwayat Hidup


Lee jae-yong, atau biasa disapa dengan Jay Y. Lee lahir pada tanggal 23 juni 1968 di Chuncheon, Korea Selatan. Dia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara, putra dari samsung chairman lee kun-hee. Pada masa mudanya Lee menerima Bachelor’s degree dari Seoul National University dan menerima gelar master untuk administrasi bisnis di Keio University. Dia juga sempat bersekolah di Harvard Business School selama kurang lebih 5 tahun untuk mengejar gelar doktoral untuk administrasi bisnis.

Lee jae-yong memulai karirnya bergabung dengan Samsung pada tahun 1991. Pada saat itu dia menjabat sebagai Vice President of Strategic Planning hingga sekitar tahun 2001.

Pada tahun 1997, Lee menikahi seorang wanita bernama Im Se-ryung dan dikaruniai dua orang anak dari pernikahannya tersebut yang bernama Lee Ji-ho dan Lee Won-ju, namun sayangnya Lee dan istri harus bercerai pada tahun 2009.

Lee dikenal dengan sikapnya yang down-to-earth dan mempertahankan kepribadiannya. Para karyawannya mengagumi lee sebagai pimpinan yang mudah didekati dan sangat sopan yang secara pribadi membalas semua email yang diterimanya satu persatu.

Riwayat Karir


Lee jae-yong memulai karirnya bergabung dengan Samsung pada tahun 1991. Pada saat itu dia menjabat sebagai Vice President of Strategic Planning. Karirnya terus berkembang bahkan hingga diasumsikan sebagai pemimpin masa depan dari perusahhan tersebut. Namun karirnya sedikit redup dikarenakan krisis pajak yang terjadi.Namun pada Desember 2009, Lee kembali mengalami kesuksesan yaitu dengan terpilihnya ia untuk menjabat pada posisi Chief Operating Officer Samsung Electronics

Karirnya di Samsung Electronics tersu meroket hingga pada tahun 2012, Jay Lee menjabat sebagai Vice Chairman dari perusahaan tersebut. Namun di tahun yang sama, ayahnya yang menjabat sebagai Chairman Samsung Electronics terkena serangan jantung dan dirawat di rumah sakit untuk beberapa waktu. Hal tersebut menuntut Lee untuk mengoperasikan laju perusahaan secara penuh menggantikan posisi ayahnya untuk sementara waktu.

Beberapa kritikan muncul bahwa Lee tidak pantas untuk menduduki jabatan tinggi dan hanya memanfaatkan nama serta kesuksesan ayahnya, namun dia tetap merespon dengan caranya yang sopan serta membuktikannya dengan kinerjanya dalam perusahaan.

Lee merupakan salah satu dari pemegang saham utama dari jasa keuangan anak perusahaan dari Samsung. Bahkan Lee memiliki 11% dari Samsung SDS, yang hingga sampai saat ini membuat dirinya menjadi orang terkaya ketiga di Korea Selatan menurut versi Forbes.

Fakta – fakta


  1. Lee memulai karirnya bergabung dengan Samsung pada tahun 1991.
  2. Ayahnya, Lee kun-hee menjabat sebagai Chairman of Samsung Electronics.
  3. Lee menikah pada tahun 1997 dengan Im Se-ryung
  4. Memiliki dua orang anak dari pernikahannya bernama Lee Ji-ho dan Lee Won-ju.
  5. Lee dan istrinya bercerai pada tahun 2009.
  6. Lee menjalankan roda perusahaan menggantikan posisi ayahnya ketika ayahnya dirawat di rumah sakit karena serangan jantung.
  7. Memiliki hobi bermain golf dan berkuda untuk mengisi waktu luangnya
  8. Memiliki 11% bagian dari Samsung SDS, membuatnya sebagai orang terkaya ketiga di Korea Selatan.

[details=Referensi]


https://successstory.com/people/lee-jae-yong
https://www.bloomberg.com/profiles/people/3969416-jae-yong-lee