© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Lebih sehat mana menggoreng dengan mentega atau minyak ?

mentega atau minyak

Minyak digunakan untuk memasak, menggoreng dan menumis. Kegunaan minyak dalam memasak dapat digantikan dengan mentega ataupun margarine. Lebih sehat mana menggoreng dengan mentega atau minyak ?

Dari sudut pandang kesehatan, minyak zaitun adalah pilihan terbaik tapi mentega juga masih bisa digunakan. Minyak adalah campuran lemak, termasuk asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), asam lemak tak jenuh ganda, dan asam lemak jenuh (SFA) sedangkan mentega merupakan minyak yang dipadatkan.

Minyak zaitun menurunkan risiko penyakit jantung. Di sisi lain, mentega tinggi lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol dan peradangan dalam tubuh. Jadi, secara umum yang terbaik digunakan adalah minyak zaitun ketimbang mentega.

Namun bila bicara aroma dan rasa, mentega bekerja lebih baik pada olahan panggang, termasuk membuat kue, biskuit, dan kue kering. Jadi, tidak masalah menggunakan mentega untuk sesekali saja.

Maaf untuk mbak @putririzkiu saya justru punya pendapat lain. Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu minyak yang lebih sehat karena mengandung lemak tak jenuh. Para ahli mengatakan bahwa kehadiran lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menyebabkan peradangan sementara mentega yang memiliki jumlah vitamin K2 lebih tinggi mungkin lebih baik untuk kesehatan jantung. Memasak dengan minyak zaitun memang lebih sehat, namun bila menggunakan api yang terlalu besar justru tidak baik karena terdapat sebuah fakta yang diketahui bahwa mentega ternyata lebih aman untuk memasak dalam kondisi api yang besar karena minyak zaitun tidak stabil dengan panas dan mudah teroksidasi pada suhu tinggi. Maka dari itu, menggoreng makanan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai media harus dihindari, seperti yang disarankan oleh para ahli.

Referensi:

Memang banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun lebih sehat dibandingkan dengan mentega apabila digunakan untuk menggoreng. Tetapi tidak banyak masyarakat yang menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makanan, mengingat harganya yang mahal.

Mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah lebih sehat mana antara minyak kelapa dengan mentega apabila digunakan untuk menggoreng ?

Menurut eatingwell, jawabannya adalah sama-sama tidak sehat. Tidak ada yang lebih baik diantara keduanya.

Kedua bahan masak tersebut dianggap sebagai “anak-anak nakal” karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, tetapi baik minyak kelapa dan mentega. Tetapi, yang perlu diingat, kedua bahan masak tersebut tidak sepenuhnya buruk, sehingga harus Anda hindari sepenuhnya. Tidak ada alasan untuk melarang mereka sepenuhnya berada di dapur Anda.

Namun, disarankan Anda menggunakan keduanya tidak secara berlebihan.

Lemak Jenuh


minyak kelapa dan mentega

Baik mentega dan minyak kelapa, dalam hal nutrisi, mengandung lemak jenuh.

87 persen lemak minyak kelapa — atau 12 gram per sendok makan — adalah lemak jenuh dan 51 persen lemak dalam mentega — atau 7 gram per sendok makan — adalah lemak jenuh

Pedoman nutrisi, termasuk Pedoman Diet dari American Heart Association, merekomendasikan untuk menjaga lemak jenuh hingga 7 hingga 10 persen dari total kalori harian atau kurang yang anda konsumsi.

Itu berarti jika Anda rata-rata mengonsumsi 2.000 kalori setiap hari, Anda harus membatasi asupan Anda hanya menjadi 16-22 gram lemak jenuh per hari.