Lebih bahaya mana, Karies Gigi atau Gigi Berlubang?

Karies

Banyak sekali informasi tentang karies gigi dan gigi berlubang. Apa perbedaan antara keduanya? Lalu apa saja bahayanya?

Kesehatan rongga mulut sering disebut sebagai cerminan kesehatan tubuh seseorang. Rongga mulut yang sehat dapat diketahui dari kondisi gigi, gusi, lidah, dan langit-langit yang bebas penyakit. Penyakit yang paling umum terjadi di dalam rongga mulut salah satunya adalah karies gigi.

Karies gigi adalah suatu proses di mana mineral gigi larut pada kondisi asam hasil produksi bakteri, atau disebut dengan demineralisasi. Mineral tersebut kemudian diisi kembali setelah kondisi mulut netral dan proses ini disebut dengan remineralisasi.

Karies gigi ditandai dengan adanya bercak putih atau bercak cokelat pada permukaan email gigi. Meski karies gigi kebanyakan terjadi pada anak-anak, tetapi para remaja dan orang dewasa yang banyak mengonsumsi makanan kariogenik (yaitu makanan manis yang banyak mengandung karbohidrat, lengket, dan mudah hancur di dalam mulut seperti permen, cokelat, dan berbagai kue manis) juga dapat mengalami karies gigi. Risiko karies gigi ini akan meningkat jika Anda tidak membersihkan sisa makanan tersebut pada gigi secara maksimal.Jika karies gigi tidak diatasi, gigi berlubang merupakan tahap lanjutan yang akan terjadi. Ketika mineral gigi hilang lalu gigi terus-menerus dalam kondisi asam, maka lama-kelamaan struktur gigi akan rapuh.

Jika struktur gigi rapuh, sedikit saja tekanan dapat membuatnya runtuh sehingga terbentuklah gigi berlubang. Gigi berlubang biasanya dimulai dari lapisan email gigi, yaitu lapisan semi transparan pada permukaan luar gigi.

Gigi berlubang tahap awal yang baru mengenai lapisan email gigi biasanya belum memiliki gejala yang terlihat. Namun jika gigi berlubang sudah sampai pada lapisan di bawahnya, yaitu dentin, akan mulai menimbulkan rasa ngilu.

Gejala lainnya bisa berupa sisa makanan sering terjebak di antara gigi, rasa nyeri saat menggigit makanan tertentu, dan bau mulut yang kurang sedap.Bila dibandingkan, karies gigi dan gigi berlubang sama-sama berpotensi membahayakan. Karies gigi dapat bersarang di mulut tanpa Anda sadari, sedangkan gigi berlubang dapat menimbulkan rasa ngilu yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

www.klikdokter.com