Lawang Sewu (Seribu Pintu) yang memiliki Seribu Misteri. Ada yang tau Kisah Horrornya?

image

Besar kemungkinan, bagi sobat diskusi yang tinggal atau pernah berkunjung ke Semarang pernah mendengar yang namanya gedung Lawang Sewu. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 itu terletak di bundaran Tugu Muda yang saat masa penjajahan area itu disebut Wilhelminaplein. Dijuluki sebagai Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia yaitu Seribu Pintu, karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak. Namun apa saja misteri dibalik lawang sewu tersebut?

Terdapat beberapa kisah yang pernah saya dengar terkait dengan lawang sewu ini:

  • Lorong Bawah Tanah


    Di bagian bawah tanah Lawang Sewu yang juga terdapat penjara sekaligus bunker juga memiliki sebuah lorong yang dianggap sebagai lorong jin. Konon, jika seseorang berjongkok dan diam di lorong itu maka dia akan mendapatkan kejutan yang menarik. Kejutan itu adalah sebuah sosok bayangan berbentuk seperti manusia yang tergantung di atas dengan mata hijau menyala. Bayangan itu akan berjalan merangkak dari atas berusaha mendekati siapa saja yang berhasil melihat sosoknya, persis seperti bayi tetapi merangkak di atas langit.

  • Teriakan Misteri di Sumur


    Apabila suatu saat nanti kamu berkesempatan ke Lawang Sewu maka di salah satu bagian depan halaman gedung akan ada sebuah sumur tua yang setiap harinya selalu dikunci dan tak pernah dibuka. Sumur tua itu berbentuk tembok meninggi dengan bagian dasar tanah dan bagian atapnya adalah genting warna merah. Menurut rumor yang beredar, di malam-malam hari nan sepi acap kali terdengar suara teriakan kesakitan, tangisan dan ketakutan dari tentara Belanda. Sejarah menyebutkan di tempat itulah banyak tentara Belanda yang tewas dengan cara disembelih oleh para tentara Jepang sehingga kabarnya arwah mereka bergentayangan dan ingin menuntut balas atas kematian mereka yang tak wajar.

  • Penampakan di Ruang Utama
    image
    Untuk masuk ke Lawang Sewu kamu harus melewati sebuah pintu gerbang besar sebelum menuju ruangan utama. Beberapa orang yang melintasi area ini memiliki banyak sekali pengalaman penampakan hantu. Yang petama adalah penampakan tangan hitam besar yang menutupi jendela. Lalu di bagian sudut langit-langit ruang utama, pernah ada cerita seseorang yang tak sengaja menyenter di malam hari dan melihat sosok mirip pocong berwajah rusak. Seakan kurang, pernah juga ada yang mengaku melihat bayangan putih yang berlari menembus tembok. Seandainya kamu masih tak percaya, mungkin kamu harus menyempatkan waktu untuk menapakan kaki di Lawang Sewu saat malam hari.