Lapek Bugih kuliner khas Sumbar

Sumatera Barat dikenal dengan aneka kulinernya yang lezat. Selain aneka makanan utama yang bersantan, ada pula jajanan enak yang patut dicoba, lapek bugih.

Sudah tidak diragukan lagi bila Sumatra Barat terkenal dengan sajian kuliner yang unik dan lezat sehingga dapat menggugah selera tiap orang yang melihatnya. Begitu juga dengan jajanan yang satu ini, Lapek Bugis atau Lepat Bugis namanya.

Lapek bugih merupakan salah satu penganan tradisional Minangkabau. Bentuknya kerucut atau layaknya piramida dengan teksturnya yang lengket dan kenyal. Dengan isian tertentu di dalamnya yang berasa manis, biasanya gula merah atau dan parutan kelapa manis yang kemudian dibalut oleh daun pisang.

Sekilas lapek bugih ini mirip kue bugis di Betawi atau kue mendut di Jawa Tengah. Jika di Jawa menggunakan ketan putih dan bahan isian enten dibuat dengan campuran gula merah, sedangkan di Sumatra Barat menggunakan tepung ketan hitam dan ketan putih dan dicampur dengan gula pasir serta dilumuri oleh santan sangat dominan dalam pembuatan kue ini sehingga akan terasa lebih gurih.

Lapek bugih berbahan dasar tepung ketan hitam atau ketan putih, bisa juga dikombinasikan keduanya. Kemudian santan, garam, vanili, daun pisang dan untuk isiannya dari parutan kelapa yang ditambah gula pasir atau gula merah.