Langkah Inspiratif Agar Terbiasa Bangun Pagi

1. Pergi tidur lebih awal
Kedengarannya memang sederhana. Namun kamu bakal kesulitan jika ada banyak gangguan, seperti main gadget sebelum tidur. Dengan tidur lebih awal, kamu akan merasa cukup tidur saat pagi tiba.

2. Membentuk ritual yang baik sebelum tidur
Kondisikan kamarmu senyaman mungkin untuk tidur, misalnya dengan mematikan lampu utama, menyalakan lampu tidur, menyemprotkan aroma terapi, atau mengenakan pakaian yang nyaman.

3. Memakai penutup mata
Buat kamu yang ‘alergi’ cahaya dan susah tidur kalau lampu menyala, kamu bisa memakai penutup mata. Kalau tidak, kamu bisa mematikan lampu kamar.

4. Hindari tidur siang
Hindari tidur siang. Saat kamu merasa mengantuk di siang hari, cobalah untuk minum kopi, makan buah apel atau berjalan-jalan untuk menyegarkan tubuhmu.

5. Hindari percakapan yang menyebabkan stres sebelum tidur
Hindari apapun yang membuatmu banyak pikiran sebelum tidur. Menonton film yang menegangkan pun terkadang dapat membuat tidurmu kurang nyenyak.

6. Jangan makan malam setelah pukul 8
Makan larut malam akan membuatmu terjaga. Jika kamu makan terlalu dekat dengan waktu tidur, perutmu bekerja keras untuk mencerna makanan. Padahal di sisi lain, tubuhmu butuh beristirahat.

7. Jangan minum alkohol sebelum tidur
Kamu mungkin berpikir bahwa alkohol membantu menghilangkan masalah yang mengganggu pikiranmu. Akan tetapi, minum alkohol sebelum tidur juga dapat mengganggu siklus tidur, membuat kesulitan bangun keesokan harinya, dan membuat kamu merasa grogi.

8. Mengubah cara pandang terhadap bangun pagi
Banyak orang yang memandang jika bangun pagi itu merupakan rutinitas yang susah dilakukan. Kalau kamu juga berpikiran demikian, ubah pola pikirmu.

9. Mulailah harimu dengan berjalan-jalan
Saat kamu sudah bisa bangun pagi, lakukan kegiatan yang membuatmu berkesan dan ingin melakukannya keesokan harinya.

10. Jangan biarkan dirimu menunda-nunda bangun pagi
Hindari untuk menunda-nunda bangun pagi. Semenit atau lima menit memang terasa sebentar, namun jika dibuat tidur, kamu pasti akan kebablasan.

source :

Ketika kita tidak bisa bangun pagi, maka kita berarti melewatkan banyak kesempatan memperoleh rezeki. Karena ketika pagi hari, banyak pintu rezeki yang terbukak lebar. Orang yang terbiasa bangun siang menandakan orang tersebut memiliki sifat pemalas, yang kemudian sifat pemalas tersebut mengganggunya untuk berkembang.