Kwon hyuk bin: milliader pembuat game Crossfire asal korea


Biografi,kwon hyuk bin

Pekerjaan


Game founder,CEO of smile gate corporation

Afisialisasi lainya


1.Tencent
2.Sundaytoz
3.Gswing company
4.Starbreeze studio

Tempat,Tanggal Lahir
Jeounju,Korea Selatan,1 Januari 1974

Status perkawinan


Menikah

Anak


2

Kewarganegaraan


Korea Selatan

Pendidikan


  • Bachelor of Arts / Science, Sogang University
  • Master Bussines Administration di amerika

Total Kekayaan


$4.7 Billion

Peringkat Berdasarkan Forbes


  • 40 Richest In Tech (2016)
  •   	60 in 2015
    
  •   4 Korea's 50 Richest (2016)
    
  •   	421 Billionaires (2016)
    
  •           5 in South Korea
    

Riwayat Hidup


Lahir pada tahun 1974,kwon hyuk bin lahir di kota jeounju,korea selatan.keinginan kwon hyuk bin untuk menjadi pengembang game merupakan mimpinya sejak kecil.Sewaktu masih kecil orang tua kwon hyuk bin adalah orang tua yang sibuk sehingga kwon hyuk bin sering menghabiskan waktu sendiri,karena itu pula,dirinya menjadi pribadi yang sering bermimpi.Inspirasi yang dia dapatkan untuk menjadi pengembang game adalah saat memainkan permainan peran alias role playing game (RPG) berjudul Ultima I: The First Age of Darkness keluaran tahun 1981. Game ini dirilis oleh Electronic Arts (EA). Gim ini dibuat oleh pengembang legendaris Richard Garriot asal Inggris. Kwon hyuk bin mengaku sangat terpesona atas keberhasilan Garriot. Karena itu, Kwon hyuk bin bertekad keras ingin melakukan hal yang sama dengan Garriot.

Mimpi dan tekad itulah yang membuat Kwon hyuk bin memutuskan untuk memulai pendidikan di Universitas Seoul Sogang. Saat kuliah, ia mengambil kuliah jurusan teknologi informasi. Dirinya memang sangat ingin menjadi programer andal.Ketika duduk di bangku perkuliahan, Kwon hyuk bin bergabung dengan klub online gaming dengan mimpi menjadi developer game di kemudian hari.
Karena dirinya termasuk mahasiswa yang cerdas,pada tahun akhri kuliah kwon hyuk bin terpilih oleh Samsung Electronics untuk masuk menjadi peserta Software Membership program.Ini merupakan kesempatan emas untuk kwon hyuk bin,karena sebagai peserta program,dia bebas mengakses internet berkecepatan tinggi yang saat itu masih langka di tahun 1990.Kemudian, saat selesai lulus kuliah pada 1997an, Samsung menawarkan pekerjaan kepada segelintir peserta Software Membership program, termasuk Kwon hyuk bin.Tetapi kwon hyuk bin menolak tawaran tersebut dan menjajal bisnis piranti lunak.

Riwayat Karir


Bisnis pertama Kwon hyuk bin adalah mengembangkan software edukasi yang saat itu tengah naik daun di Korsel.Bersama kedua koleganya, Kwon hyuk bin memproduksi software edukasi bernama 4Csof.Tapi, kenyataan pahit harus ditelan Kwon hyuk bin . Saat itu, konsumen Korea selatan belum siap untuk menggunakan software edukasi.Perusahaan berjuang dengan margin tipis dan berujung pada pemecatan massal yang menyakitkan.Tiga tahun berselang dan tanpa prospek cerah, Kwon hyuk bin meninggalkan perusahaan itu. Saat itu, Kwon hyuk bin menyadari bahwa sebagai pengembang software, dia tidak pandai menganalisa potensi pasar.

Sesaat setelah kwon hyuk bin menikah,dia ingin meningkatkan naluri bisnisnya dengan mengambil pendidikan MBA di amerika.Setelah lulus,Kwon hyuk bin ingin pindah ke negara amerika ,tetapi kwon hyuk bin berubah pikiran dan mendirikan perusahaan Smilegate. Tapi ternyata menjalankan perusahaan gim tak semudah membalik telapak tangan. Rencana Kwon hyuk bin tidak berjalan mulus. Dalam proses membuat game, waktu yang dibutuhkan sangat panjang ditambah dengan perusahaan pengembang game kala itu seperti Yahoo juga keluar dari Korea Selatan. Setelah itu, setahun kemudian baru muncul pengembang baru bernama Neowiz.Hal ini yang membuat Kwon hyuk bin memilih untuk mengalihkan bisnis ke China. Saat itu, di china muncul aturan melarang permainan konsol seperti Playstation dan Xbox. Hal ini justru meningkatkan industri permainan internet kian subur.Industri permainan online di China meningkat 22% menjadi US$ 14,5 miliar pada tahun 2014. Bahkan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Niko Partners asal Amerika Serikat pada tahun 2015, pasar meningkat menjadi 275 juta orang yang memainkan game online.Game online buatan kwon hyuk bin ,CrossFire merupakan permainan yang dapat dimainkan secara gratis dan mengandalkan pendapatan dari pembelian di dalam gim. Semisal mempercantik karakter pemain.Saat ini,situs resmi Smilegate CrossFire merupakan permainan First Person Shooter (FPS) terbesar di genrenya. Kini jumlah pemain aktif secara total mencapai 8 juta orang di seluruh dunia. Adapun jumlah pendaftar 650 juta orang.

Saat memulai bisnis gamenya, Kwon hyuk bin memilih menggandeng perusahaan berbasis internet China, Tencent untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini karena ia tahu akan persaingan bisnis di Korea Selatan sangat ketat. China menjadi salah satu tonggak keberhasilannya untuk mendistribusikan CrossFire.Hali in terbutkti,perusahaan Smilegate berhasil mendapatkan sekian persen laba tanpa harus menjual saham sedikit pun. Saat penjualan permainan CrossFire meledak di China.Pada tahun 2014,kwon hyuk bin meluncurkan start-up inisiatif inkubatif bernama orange farm yang telah tumbuh menjadi program terbesar dari jenisnya di korea selatan dijalankan oleh perusahaan swasta.Orange Farm memiliki tujuan untuk meningkatkan jaringan bisnis smilegate untuk membantu para pengusaha mendapatkan modal dan dapat melaksanakan rencana pemasaran.Sejak saat itu,pendapatan Smilegate meningkat dari US$ 188 juta di 2012 menjadi US$ 483 juta di 2014.

Fakta-fakta


1.Kwon hyuk bin pernah menjajal bisnis piranti lunak tetapi mengalami kegagalan dan perusahaanya hampir mengalami kebangkrutan.
2.Kwon hyuk bin pernsh berkeinginan untuk pindah ke negeri Amerika Serikat,Tetapi Kwon hyuk bin berubah pikiran untuk tetap tinggal di korea dan mendirikan perusahaan smilegate.
3.Kwon hyuk bin menjadi orang korea terkaya ke empat menurut forbes.
4.Kwon hyuk bin memliki mimpi untuk menjadi game developer sejak kecil.

Quotes


“We do not ask for profit share because I think it’s my responsibility to return the favor that the society had offered me,” Kwon hyuk-bin

Referensi