Kunci Keberhasilan Detik.com sebagai Media Online Nasional Terbesar

Detik.com merupakan salah satu situs berita yang populer dan paling sering dibaca di Indonesia. Situs berita ini menyuguhkan berbagai jenis informasi dari segala bidang seperti politik, ekonomi, teknologi informasi, berita hiburan, olah raga, dan beberapa kategori lainnya. Didirikan oleh 4 orang diantaranya Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman dan Didi Nugrahadi pada tahun 1998, dimana mereka merupakan mantan wartawan dari media-media berita serupa. Bermula dari ide tentang membuat sebuah media online yang selalu up to date dengan slogan “Kenapa tunggu besok kalau detik ini juga anda sudah tahu informasi?”

Kemudian, pada tahun 2011 Detik.com diakuisisi oleh CT. Corp dan mengalami cukup banyak perubahan. Pada mulanya Detik.com merupakan situs yang hanya menggantungkan pendapatannya pada iklan. Sehingga sebagian portal berita hampir dipenuhi oleh iklan yang muncul dan hal tersebut sempat membuat Detik.com mendapatkan kritikan dari penggunanya pada tahun 2005. Selain itu, Detik.com juga pernah mendapatkan kecaman bahwa berita yang mereka berikan tidak akurat.

Seiring perkembangannya Detik.com kemudian melakukan perbaikan baik dari segi berita yang disuguhkan maupun segi tampilan homepage mereka. Tampilan dari Detik.com saat ini sudah sangat baik. Berita yang disuguhkan dibagi menurut kategori masing-masing sehingga sangat memudahkan pengguna untuk mengakses berita.

Detikcom merupakan portal utama untuk mengakses situs-situs dibawahnya, diantara lain:

  • detikNews
  • detikFinance
  • detikFood
  • detikHot
  • detiki-Net
  • detikSport
  • detikHealth
  • detikShop
  • detikTV
  • detikSurabaya
  • detikBandung
  • detikforum
  • blogdetik
  • serta beberapa fasilitas lainnya

Saat ini situs Detik.com telah menjadi salah satu situs ternama di Indonesia dengan jumlah visitor yang sangat besar. Menurut informasi, pengunjung situs Detik.com saat ini mencapai 3 juta hits per hari, dan menjadi salah satu situs yang paling sering dibuka oleh seluruh pengguna internet di Indonesia.

Menurut saya kunci kesuksesan situs detik.com ada 3 point :

  1. Selalu untuk tidak menunggu dan langsung mengerjakan segala ide dan gagasan yang di pikirkan pada saat ituadalah hal yang selalu ditanamkan oleh budiono selaku pendiri detiik.com, oleh Karena itu situs detik.com selalu up to date.

  2. Kualitas berita yang baik, dengan kualitas berita yang baik dan terlepas dari berita palsu/hoax akan menarik minat pengunjng untuk mengunjungi situs dan membaca beritanya. Itulah yang mungkin menjadi salah satu kunci sukses dari situs detik.com.

  3.  **Melihat kesempatan peluang yang ada**, dalam zaman yang modern ini teknologi semakin canggih dan kehidupan manusia juga menjadi semakin berjala cepat. Pada kesempatan ini detik.com yang selalu melihat kesempatan peluang  kedepan dan selalu berinovasi mulai memperkenalkan cara baru membaca berita dengan memanfaatkan aplikasi online yang sedang maraknya dikalangan masyarakat.

Popularitas dari media online diukur dengan menghitung jumlah pengunjung dan jumlah tautan ke website tersebut. Pengukuran dapat memanfaatkan beberapa mesin pencari khusus atau situs analisis lalulintas web (web traffic analysis). Dua situs yang digunakan di sini yaitu Alexa.com dan Majestic.com. Sesuai dengan perhitungan Alexa.com, DETIK.COM masih bertahan di “puncak klasemen” situs berita terpopuler di Indonesia versi situs pemeringkat website dunia. Portal berita yang resmi didirikan pada 9 Juli 1998 ini termasuk situs berita online pertama di Indonesia.
Kunci sukses penghasilan besar adalah traffic atau jumlah pengunjung. Kunci banyak pengunjung adalah popularitas situs. Kunci popularitas adalah konten berkualitas, update, fresh dan variatif.

Menurut saya , dari hal yang saya rasakan sendiri mengenai begitu terkenalnya detik.com adalah karena detik.com memiliki coverage yang sangat luas.

Situs utamanya hanya berperan sebagai portal dari situs-situs kecilnya, yang membuat setiap situs menjadi lebih personal untuk orang yang membacanya.

Dari cara mereka mempromosikan produk juga menurut saya sudah sangat baik. Dari zaman dahulu saya masih ingat sekali tentang begitu maraknya stiker-stiker web berita seperti detik dan kapanlagi.com. Dan seperti yang kita bisa lihat sekarang, detik.com bisa keluar lebih unggul karena dia terus beradaptasi.

Jumlah pengunjung dari detik.com sendiri ada berapa ? Sehingga membuat mereka menjadi populer.
Dan apa yang membuat pengunjung tertarik untuk lebih sering mengunjungi detik.com