Kulit Berminyak dan Berjerawat? Pastikan Kamu Memilih Sun Screen Berikut Ini!

Perawatan kulit wajah bukanlah hal yang sederhana, wajah manusia memiliki tipe yang berbeda-beda, ada yang sensitive, kering, berjerawat, berminyak dan bahkan kombinasi. Untuk itu diperlukan perlakuan khusus bagi setiap tipe kulit, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, pada artikel kali ini, kita akan berfokus pada masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Dalam melakukan perawatan kulit wajah tersebut ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, diantaranya adalah cleansing (pembersihan), bertujuan untuk membersihkan kotoran, minyak dan sisa makeup pada wajah, guna menjaga kulit tetap bersih dan mencegah pori-pori tersumbat. Langkah selanjutnya adalah toning (penggunaan toner), bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah pembersihan dan membantu menyempurnakan proses pembersihan dengan mengangkat sisa kotoran. Kemudian, lakukan exfoliating (eksfoliasi) dengan tujuan mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu menyempurnakan tekstur kulit. Tahap ini disarankan untuk dilakukan 2 kali seminggu.

Langkah selanjutnya adalah treatment (perawatan khusus), guna mengatasi masalah kulit spesifik, seperti jerawat, hiperpigmentasi, atau penuaian dini. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan serum khusus yang dapat mengatasi masalah tersebut. Selanjutnya adalah hydrating (pemakaian pelembap), hal ini guna menjaga kulit tetap terhidrasi. Dan langkah terakhir adalah sun protection (perlindungan matahari) dengan tujuan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, termasuk penuaan dini, kanker kulit dan hiperpigmentasi.

Dari seluruh langkah diatas, yang menjadi masalah bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat adalah langkah sun protection. Menggunakan sun screen bagi kulit berminyak dan berjerawat menjadi salah satu hal yang menjengkelkan. Bagaimana tidak? Bagi penderita oily and acne-prone skin, penggunaan sun screen dapat menyebabkan kulit terlihat greasy dan kusam. Oleh sebab itu, mereka memerlukan perhatian khusus untuk memilih sun screen. Namun, jika Anda menggunakan sunscreen yang tepat dan mengikuti saran dokter kulit, Anda tidak perlu khawatir wajah menjadi terlalu berat atau berkilau.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan penderita oily and acne-prone skin dalam memilih sun screen yang tepat untuk mereka adalah sebagai berikut.

  1. Pilih Sunscreen dengan Minimal SPF 30 PA++++ dan Hindari SPF yang Terlalu Tinggi
    Pilih sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++++ untuk melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA. SPF yang terlalu tinggi tidak memberikan perlindungan yang lebih efektif dan dapat menciptakan false sense of security, di mana kita akan malas reapply sunscreen setiap 2 jam.

  2. Pilih Sunscreen dengan Formula Oil-Free dan Non-Comedogenic
    Pilih sunscreen dengan formula oil-free dan non-comedogenic untuk mengurangi kilap dan kelebihan minyak pada kulit. Produk ini tidak akan menyumbat pori-pori dan dapat mengontrol produksi minyak berlebih.

  3. Gunakan Sunscreen Gel atau Lotion untuk Kulit Berminyak
    Gunakan sunscreen gel atau lotion untuk kulit berminyak, karena tekstur gel atau lotion biasanya lebih cocok untuk kulit berminyak karena mampu menyerap sepenuhnya ke dalam kulit.

  4. Pilih Sunscreen yang Mempunyai Formula dengan Spektrum Luas
    Pilih sunscreen yang memiliki formula dengan spektrum luas untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sunscreen yang hanya melindungi kulit dari UVB saja tidak cukup, karena paparan sinar UVA juga dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit

  5. Perlindungan UV Tahan Air, Keringat, dan Minyak
    Pilih sunscreen yang memiliki perlindungan UV tahan air, keringat, dan minyak. Sunscreen ini aman digunakan untuk tipe wajah yang berminyak dan memiliki kandungan skincare untuk mencerahkan dan membantuk menutrisi kulit wajah

Berikut rekomendasi sun screen yang dapat digunakan penderita oily and acne-prone skin.

  1. SKIN1004 Madagascar Centella Air-Fit Suncream Plus
    Sesuai dengan namanya, bahan utama dari sunscreen untuk kulit berminyak dan bejerawat ini adalah Centella Asiatica. Selain mengandung 20% ekstrak Centella asiatica, sunscreen ini juga memiliki Multiex BASAM** yang memiliki efek hidrasi sangat baik. Sun screen ini juga mengandung SPF50+ PA++++. Bahan-bahan ini menjadi kombinasi yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat.
    Selain itu, sunscreen ini juga mengandung Niacinamide yang dapat mengontrol sebum dan minyak dengan baik. Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat .ini juga memiliki tekstur creamy yang ringan dan mudah meresap. Tanpa rasa greasy, kamu akan mendapatkan kulit matte dan lebih cerah tanpa white cast.
    Kisaran harga: Rp215.000,-

  2. Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick SPF50+ PA+++
    Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick adalah salah satu sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat terbaik yang bisa kamu coba. Sunscreen ini memiliki formulasi broad spectrum SPF 50+ yang mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB hingga 700 menit di bawah sinar matahari langsung. Teksturnya sangat nyaman digunakan untuk kulit berminyak. Sunscreen ini ringan sehingga menyerap cepat ke dalam kulit. Bagi kamu dengan kulit cenderung berjerawat, sunscreen ini juga aman karena tidak menyumbat pori-pori. Kelebihan sunscreen ini adalah dalam pengaplikasiannya yang mudah dikarenakan hadir dalam bentuk stick.
    Kamu akan mendapatkan tampilan healthy glow finish yang tidak lengket ataupun kelihat berminyak. Produk ini mudah diaplikasikan baik di atas makeup sekalipun.
    Kisaran harga: Rp125.000,-

  3. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel
    Azarine Hydrashoothe Sunscreen Gel merupakan produk sunscreen ringan yang banyak direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat oleh para beauty enthusiast and influencer.
    Faktanya, sunscreen ini memang memberikan pengalaman berbeda, rasanya seperti bukan menggunakan sunscreen. Sunscreen ini memiliki keunikan pada tekstur dan kandungan formulannya. Tak seperti sunscreen pada umumnya, produk ini memiliki tekstur gel yang sangat ringan menyerupai air dan cepat meresap di kulit. Ini karena kandungan utama dari sunscreen ini adalah air.
    Kandungan lain dari Sunscreen Azarine ini juga memberi manfaat baik bagi kulit yang berminyak dan berjerawat. Terdapat bahan aktif propolis, aloe vera, green tea, dan buah Delima yang dapat menjaga kelembapan kulit secara optimal serta meredakan inflamasi akibat jerawat.
    Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45PA++++ juga tidak mengandung alkohol, oil free, dan fungal acne friendly sehingga aman digunakan di kulit yang cenderung berminyak sekalipun. Hasilnya non-greasy, tidak lengket dan no white cast. Kamu akan mendapat hasil kulit lembap glowing seperti tampilan kulit yang sehat.
    Dengan kandungan yang diklaim natural, organik dan aman, sunscreen Azarine ini bisa jadi pilihan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang aman untuk dipakai sehari-hari.
    Kisaran harga: Rp126.000,-

  4. Avoskin The Great Shield Sunscreen
    Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah Avoskin The Great Shield Sunscreen. Sunscreen ini memiliki tekstur krim yang ringan dan mudah diaplikasikan di kulit. Hasilnya tidak greasy atau sticky di wajah. Kamu akan mendapatkan hasil kulit satin finish tanpa white cast.
    Produk Great Shield Sunscreen merupakan produk dengan kandungan minimal yang hypoallergenic, paraben free , dan fragrance free sehingga aman untuk kulit sensitif dan dapat digunakan untuk remaja mulai dari 15 tahun.
    Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ mengandung Zinc Oxide, Niacinamide, Centella Asiatica, dan Vitamin C yang efektif menenangkan kulit, mengontrol sebum dan meminimalkan efek negatif polusi serta radikal bebas. Bahan-bahan aktif inilah yang membuat produk ini menjadi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat.
    Kisaran harga: Rp50.000,-

  5. N’Pure Cica Beat The Sun
    Produk sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat kedua datang dari brand N’Pure. N’Pure Cica Beat The Sun merupakan sunscreen untuk kulit berjerawat yang mengandung SPF 50 PA+++.
    Sesuai dengan namanya, sunscreen ini mengandung Centella asiatica yang dapat membantu menenangkan dan mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat ini bebas Paraben, SLS, mineral oil, alkohol, silikon, dan pewangi sehingga aman untuk tipe kulit sensitif.
    Tidak hanya mengandung Cica, sunscreen ini juga mengandung beberapa bahan aktif yang bagus untuk untuk kulit berminyak dan berjerawat. Seperti, Ekstrak Chrysanthemum, Ekstrak Chamomile, dan Ekstrak Daun Camellia Sinensis. Bahan-bahan aktif ini bekerja untuk melembapkan dan menenangkan kulit.
    Dari segi tekstur, sunscreen ini memiliki konsistensi seperti essence, sedikit kental tapi tetap ringan di kulit*.* Formulanya non-greasy, mudah dibaurkan di kulit, tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast. Sunscreen ini juga non-comedogenic jadi, tidak akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat baru.
    Kisaran harga: Rp129.000,-

  6. Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++
    Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang pertama datang dari brand Votre Peau. Sunscreen ini mengandung 3 key ingredients yaitu 1% Zinc Oxide, Salicylic Acid dan Tranexamic Acid.
    Perpaduan Zinc Oxide dan Titanium Dioxide membentuk penangkal yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB. Lalu, ada kandungan Tranexamic Acid yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin sehingga kulit terhindari dari noda hitam, temasuk sun spot.
    Selain itu, tentu saja kandungan Salicylic Acid pada sunscreen ini membuatnya sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, meski pun sebenarnya sunscreen ini bisa dipakai oleh semua jenis kulit. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Salicylic Acid sangat baik untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan sebum berlebih sehingga wajah jadi lebih bebas minyak, komedo, juga terhindar dari jerawat.
    Gunakan sun screen ini setiap hari sebelum beraktivitas sebanyak 2 ruas jari lalu ratakan pada seluruh permukaan wajah dan leher. Tidak hanya melindungi dari sinar UV, sunscreen ini juga bisa melembapkan kulit wajah dan membuatnya terlihat glowing, sehingga sangat bagus jika dipakai tanpa makeup atau pun sebagai dasar sebelum makeup.
    Kisaran harga: Rp265.000,-

  7. COSRX Shield Fit All Green Comfort Sun SPF 50 PA++++
    Sesuai dengan namanya, produk ini mempunyai formula yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan juga polusi. Kandungan yang berupa ekstrak centella asiatica serta ekstrak nymphaea alba flower dapat menenangkan kulit berjerawat yang sering kali kemerahan atau jerawat meradang. Sedangkan kandungan ekstrak artemisia caillaris juga diklaim mampu melindungi kulit dari debu dan juga polusi.
    Kisaran harga: Rp150.000,-

  8. Skintific Ultra Light Serum Sunscreen SPF 50 PA++++
    Seperti namanya, sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat ini memiliki konsistensi yang cukup cair seperti serum, sehingga mudah meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket atau pun berminyak sama sekali. Jadi sangat cocok untuk kamu yang kulitnya bemrinyak dan berjerawat.
    Diformulasikan dengan SPF 50+ PA++++ sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB sekaligus. Tidak hanya itu, sunscreen ini juga diformulasikan untuk bisa melindungi kulit dari sinar blue light yang baisanya dipancarkan oleh layar gadget.
    Selain itu, ada kandungan Vitamin C dan Ferulic Acid yaitu antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas seperti dari polusi dan lainnya. Sunscreen ini juga bebas alkohol, pewangi buatan dan paraben sehingga sangat lembut dan tidak merusak skin barrier, sehingga cocok juga untuk kamu yang kulitnya sensitif.
    Kisaran harga: Rp130.000,-

  9. Dr. Oracle A-Thera Sunblock SPF 50
    Dr. Oracle A-Thera Sunblock SPF 50 mempunyai konsistensi ringan. Saat diaplikasikan tidak terasa lengket juga mudah di-blend. Hasil akhirnya membuat kulit jadi lebih matte dan tidak berminyak. Kandungan centella asiatica dan juga bamboo water mampu menghidrasi dan mengatasi inflamasi.
    Bagi yang memiliki budget lebih, sunscreen ini dapat menjadi pilihan.
    Kisaran harga: Rp300.000,-

  10. Madame Protect Me SPF 50 PA+++
    Sunscreen Madame Gie ini adalah versi yang lebih kuat dari sunscreen sebelumnya, karena mengandung SPF 50 PA+++ yang lebih tahan lama di kulit. Formulanya juga ringan dan tidak greasy di kulit. Cocok untuk kamu dengan kulit wajah berminyak dan berjerawat.
    Namun, sunscreen Madame Gie satu ini hadir dalam tube berukuran lebih kecil yakni hanya 35 ml saja. Sama dengan sunscreen sebelumnya, varian ini juga mengandung Ekstrak Bunga Calendula yang melembapkan dan menenangkan kulit.
    Sunscreen Madame Gie ini juga cocok untuk sehari-hari, khususnya jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan seperti berkendara, olahraga atau aktivitas outdoor lainnya.
    Kisaran harga: Rp38.000,-

Itu adalah beberapa rekomendasi sun screen bagi kamu penderita oily and acne-prone skin. Namun, perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda pada kulit mereka. Jika kamu mulai merasa tidak nyaman, mulai mengalami breakout dan kemerahan, dihimbau untuk menghentikan penggunaan sun screen tersebut, dan periksakan ke dokter kulit untuk menemukan masalahnya. Perlu diingat juga untuk membeli sun screen yang sesuai dengan budget kamu.