Kucing besar, ada benar atau hanya legenda?

image

Kucing besar ini berhasil menampakkan dirinya namun tak ada seorang pun yang berhasil membuktikannya, dan tetap menjadi sebuah teror yang menakutkan bagi masyarakat pedesaan. Tanpa memerlukan sebuah penampakan, namun reputasinya begitu besar dan berkesan bagi masyarakat dataran Inggris di abad ke 18, dan kembali popular pada tahun 1950’an akibat munculnya kabar mengenai seekor puma dari Surrey. Apakah benar puma atau kucing besar ini ada?

Berdasarkan penuturan, sosok yang menjadi buah bibir ini menyerupai seekor puma ataupun macan kumbang (macan hitam). Beberapa bahkan memposisikan sosok kucing besar ini dengan urban legend lainnya yakni Black Dog, sosok mahluk liar dan buas yang menghantui kawasan masyarakat desa, dan yang menginspirasi sebuah novel karya Sir Arthur Conan Doyle, “The Hound of The Baskervilles”.Sebuah fakta yang menyatakan bahwa ketidakhadiran sosok kucing besar ini tidak akan membuat mitos masyarakat di dataran Inggris menjadi sangat menarik untuk dikisahkan.

Pada tahun 1991 seekor Eurasia Lynx (sejenis harimau) ditembak mati setelah memakan dan membunuh 15 domba dalam jangka waktu dua minggu. Namun laporan tersebut pada tahun 2003 tidak dianggap benar dan diduga hanya sensasi saja. Akan tetapi pada tahun 2006 polisi melaporkan bahwa telah terjadi penangkapan hidup-hidup terhadap seekor Eurasia Lynx dan puma.

Sumber