Kriteria apa saja yang harus dimiliki seorang manajer pemasaran?

Seorang manajer pemasaran adalah seseorang yang mampu merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran. Seorang manajer pemasaran juga mengembangkan strategi harga dengan tujuan memaksimalkan keuntungan atau pangsa pasar perusahaan. Ia juga memastikan kepuasan pelanggan perusahaan. Manajer pemasaran mengawasi perkembangan produk atau memantau tren yang menunjukkan kebutuhan untuk produk dan layanan baru. Melihat beban dan tanggungg jawab yang diemban oleh seorang manajer pemasaran cukup berat, kriteria apa saja yang harus dimiliki seorang manajer pemasaran?

Bagian pemasaran dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Bidang pemasaran dituntut untuk memuaskan konsumen dimana konsumen merupakan sumber keuntungan perusahaan. Oleh karena itu tugas manajer pemasaran disini harus merealisasikan tujuan dari manajemen pemasaran. Pada dasarnya memang tugas manajer pemasaran adalah melaksanakan fungsi manajemen khususnya dalam bidang pemasaran. Fungsi manajemen yang dilakukan sebagai tugas manajer pemasaran seperti Planning, Organizing, Actuating, dan Evaluation (POAC).

Tugas manajer pemasaran secara umum memanglah bertujuan untuk memastikan bahwa keinginan dari pelanggan terakomodir oleh perusahaan. Sehingga hal tersebut menciptakan profit bagi perusahaan. Manajer pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat menganalisiss kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Untuk mewujudkan itu semua, diperlukan beberapa kriteria yang setidaknya harus dimiliki oleh seorang Manager Pemasaran. Hal ini meliputi kompetensi dan skill bagi seorang Manager Pemasaran. Berikut ulasannya:

PENGETAUAN

  1. Administrasi dan Manajemen
    Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
  2. Layanan Pelanggan dan Personal
    Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
  3. Bahasa Inggris
    Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
  4. Penjualan dan Pemasaran
    Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

KETERAMPILAN

  1. Aktif Belajar
    Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.
  2. Aktif Mendengarkan
    Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
  3. Berpikir Kritis
    Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  4. Pemahaman Membaca
    Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.
  5. Kepekaan Sosial
    Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

KEMAMPUAN

  1. Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.
  2. Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
  3. Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
  4. Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
  5. Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan
  6. Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
  7. Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Sumber: