Konten Tiktok Disebut Banyak yang Cringe, Setujukah Kalian Dengan Statement Itu?

image

Okay, okay, siapa sih diantara kalian yang ga tau tentang Tiktok dan segala fiturnya di zaman sekarang seperti ini ? Jejaring sosial dan platform video yang memungkinkan penggunanya untuk membuat konten - konten video musik pendek mereka sendiri telah menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir sejak pertama kali di rilis pada tahun 2016 oleh Perusahaan pengembang asal China, Toutiao. Hampir seluruh kalangan mulai dari tua dan muda menggunakan tiktok untuk membuat berbagai macam konten. Selain itu, Tiktok juga dianggapa sebagai penerus dari platform yang kurang lebih sama yaitu Vine yang mengalami penurunan popularitas.

Tetapi semakin kesini, banyak yang menganggap konten - konten di Tiktok itu semakin lama semakin " aneh dan cringe " kendati banyak juga konten - konten di Tiktok yang istilahnya bermanfaat seperti konten tutorial cosplay, makeup dan sebagainya. Menurut pengalaman dan pengamatan saya sendiri, saya juga bertanya - tanya mengenai mengapa banyak orang masih saja menonton konten - konten " cringey " seperti itu. Lalu menurut beberapa sumber yang saya jelajahi di Internet, ternyata budaya cringe sendiri itu udah ada sejak lama., yang katanya bersumber dari subreddit r/cringe atau r/cringepics di mana orang akan membagikan konten cringe milik orang lain untuk diolok-olok secara massal. Memposting ulang dan membagikan konten ini pada akhirnya merupakan bentuk hiburan dan upaya humor yang murah.

Selain itu, ternyata konten - konten " cringey " yang ada di tiktok ternyata juga memiliki " penggolongannya " sendiri - sendiri menurut sebuat tulisan opini satir yang saya baca, seperti konten pasangan, konten berbagi, konten perang antar-artis, konten challenge, dan konten prank drive-thru. youdics sekalian bisa baca selengkapnya disini Katanya Konten TikTok Itu Banyak yang Cringe: Masak, sih? – Terminal Mojok. Selain itu yang menjadi pertanyaan, kenapa banyak konten - konten berkualitas di Tiktok bisa kalah dengan konten - konten cringe seperti yang sudah deisebut di atas.

Tetapi kalau menurut pandangan youdics sendiri, bener ga sih kalau konten - konten di Tiktok memang kebanyakan bersifat " cringey dan lebih disukai ketimbang konten - konten Tiktok yang emang bener - bener berkualitas ?

Saya juga bingung kenapa konten yang cringey, aneh, gajelas dll yang seringnya masuk fyp. Sebaliknya, konten yang berkualitas dan dibuat dengan susah payah ga banyak yang masuk fyp. Apa memang sudah dari sananya orang-orang suka konten cringey, atau tiktok kebanyakan isinya orang-orang cringey, entahlah ga ada yang tau

Memang betul, saat ini masih banyak video tiktok yang terkesan cringe bagi sebagian orang. namun, sepertinya tidak juga (tidak cringe) bagi sebagian orang. dapat dilihat dari creator video cringe tersebut yang masih terus berkarya. entah banyak disukai memang karena suka dengan jenis konten seperti itu, atau banyak disukai karena suatu hal cringe yang mengundang banyak orang untuk dihujat atau jadi bahan becandaan(?) kan sekarang banyak ya orang begitu :sweat_smile: soalnya minat sama pola pikir tiap orang itu kan beda-beda ya. jadi mungkin bagi sebagian orang ada yang berpikir itu keren dan menghibur, namun sebagian orang juga menganggap itu cringe.