Konsep apa yang dimiliki oleh Kineruku sehingga jadi tempat kekinian di Bandung?

Kineruku

Bandung tak pernah berhenti menjadi kota yang kreatif, dengan banyaknya tempat-tempat kekinian, tidak hanya fashion dan kuliner, Bandung juga memiliki banyak tempat baru yang berguna untuk menambah wawasan, salah satunya adalah Kineruku. Yap, Kineruku merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki konsep berbeda, Konsep apa yang dimiliki oleh Kineruku sehingga jadi tempat kekinian di Bandung?

Kineruku merupakan perpustakaan yang pada awalnya bernama Rumak Buku yang berdiri sejak 29 Maret 2003. Melihat kurangnya akses publik terhadap sumber informasi, salah satu pendiri Kinerukku memutuskan untuk membuka perpustakaan rumahan di rumah peninggalan kakeknya. Namun, bukan seperti perpustakaan pada umumnya, Kineruku justru dibuat dengan konsep berbeda, homey, yang dilengkapi dengan berbagai pilihan buku, CD, film dan juga kafe yang dibuat dalam satu area. Jadi, pengunjung dapat membaca buku dengan senyaman mungkin di Kineruku ini.

Nama Kineruku sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu “kine” dan “ruku”. “Kine” diambil dari kata cinematic yang berarti “sinematik” dan “ruku” diambil dari singkatan “Rumah Buku”. Jadi, bisa dibilang, Kineruku ini adalah perpaduan antara perpustakaan dan dunia sinematik. Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke Kineruku, kamu bisa mampir ke Jl. Hegarmanah 52.

Berdasarkan informasi di website Kineruku, di sana tersedia kurang lebihnya 4000 judul buku, 1000 CD musik dan 1000 judul film yang tertata rapih di antara rak-rak kayunya. Buku-buku yang tersedia di Kineruku cukup beragam, ada sastra, filsafat, seni, arsitektur dan masih banyak lagi.

Kineruku juga dihiasi dengan kursi yang nyaman di tengah taman yang asri. Di sana juga tersedia kafe di mana kamu bisa memesan makanan dan minuman untuk menemani kegiatan membacamu. Untuk menyantap makan siang atau sekedar ngopi-ngopi sambil membaca buku juga bisa.

Kireruku pasalnya bukan hanya sahabat para pembaca, namun juga sahabat para penulis. Menurut website resminya, Kineruku tidak hanya menyewakan buku dan film, tapi juga menjual buku dan menerima kerjasama titip-jual dengan penerbit-penerbit lokal dan nasional, mulai dari buku, majalah dan juga produk alat tulis dan merchandise seperti handmade notebooks, stiker, totebag dan juga label-label rekaman meliputi CD album penuh, single ataupun EP. Kalau kamu cari vinyl atau plat lokal maupun impor juga tersedia di Kineruku ini!

Buat para mahasiswa atau anak muda pastinya suka nongkrong di tempat kekinian. Nah, daripada nongkrong di kafe, sekarang kamu bisa nongkrong di perpustakaan Kineruku. Di Kineruku kamu bisa nongkrong lebih produktif dengan berbagai kegiatan yang ditawarkannya, mulai dari diskusi buku bacaan dan juga seringkali mengadakan acara NOBAR alias Nonton Bareng di taman Kineruku ini.

Pada event-event tertentu, Kineruku juga turut mengundang band-band Indie ternama untuk menemani waktumu di Kineruku, mulai dari The Trees and The Wild, White Shoes and The Couple Company, dan bahkan Efek Rumah Kaca. Kebayang serunya bisa baca buku di tengah ambience yang super cozy dan juga fasilitas yang lengkap.

Sumber: