Konon Brita Tott merupakan agen rahasia terbaik di Denmark. Ada yang tau kisahnya?

Pada tahun 1442, seorang putri bangsawan Denmark, Brita Tott, menikah dan masuk ke dalam keluarga kerajaan Swedia. Lalu satu dekade kemudian, Swedia berperang melawan Denmark, konon posisi Tott sebagai mata-mata merupakan tindakan yang sangat cocok untuk tanah airnya. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai agen rahasia ini?

Wah kira-kira misi apa ya yang pernah dilakuin sama Brita tott ini… Apakah misi-misinya merupakan misi sabotase? Ditambah lagi ia merupakan keturunan bangsawan… Apakah ia bisa melakukannya?

Berdasarkan yang pernah saya baca, salah satu misi yang saya tau, ia terlibat dalam konspirasi untuk membunuh raja Swedia yaitu Raja Charles VIII. Ia juga merupakan seorang kurir yang lulus mengungkap rahasia militer Denmark yang hendak menghancurkan keluarganya, juga mengkhianati setiap gerakan militer Swedia.

Sayangnya tindakan-tindakan Brita diketahui oleh Charles VIII. Atas pengkhianatannya tersebut, ia dihukum akan dibakar di tiang pancang di depan umum. Hukuman ini tidak terlaksana karena kemudian diubah menjadi hukuman “Walling”, dan kemudian membiarkannya hidup dengan menghabiskan hari-hari terakhirnya di negara asalnya.

Referensi: http://www.yudhe.com