Komplikasi saat anda lahir anak kembar

image
Komplikasi seperti apa yang dapat terjadi apabila anda mengandung anak kembar? Tulis dibawah ini!

Jika Anda hamil anak kembar, Anda lebih mudah mengalami tekanan darah tinggi (gestational hypertension) 2-3 kali dibanding jika Anda hamil dengan satu bayi.

Anda 3 kali lebih berisiko preeklampsia jika Anda hamil dengan anak kembar dibandingkan hamil dengan satu bayi. Hal ini disebabkan hamil lebih dari satu bayi memberi tekanan lebih pada plasenta Anda. Suatu survei menemukan bahwa 13% ibu yang hamil anak kembar mengalami kondisi ini.

Pada setiap pemeriksaan kehamilan, bidan Anda akan memeriksa urin dan tekanan darah Anda untuk melihat tanda-tanda preeklampsia. Anda akan disarankan untuk mengonsumsi Aspirin dengan dosis rendah (75 mg) setiap hari dari 12 minggu kehamilan untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan pre-eklampsia, jika:

  • Ini adalah kehamilan pertama Anda
  • Anda berusia 40 ke atas
  • Anda memiliki keluarga dengan sejarah preeklampsia
  • Indeks massa tubuh atau BMI Anda 35 atau lebih
  • Sudah 10 tahun sejak kehamilan terakhir Anda

1. Diabetes gestasional
Terjadi 2 atau 3 kali lebih sering jika Anda mengandung lebih dari satu bayi.

Urin Anda akan diperiksa untuk dilihat kadar gula saat pemeriksaan kehamilan. Jika dokter menduga Anda memiliki diabetes gestasional, Anda akan menjalani tes toleransi glukosa.

2. Anemia
Terjadi karena disebabkan peningkatan aliran darah yang membuat kadar zat besi menurun. Dokter akan merekomendasikan suplemen penambah zat besi. Memiliki anemia ringan tidak akan membahayakan bayi Anda. Namun Anda perlu lebih menjaga diri Anda, karena anemia dapat membuat Anda cepat merasa lelah.

Karena anemia lebih sering terjadi pada ibu yang mengandung lebih dari satu bayi, Anda wajib mengecek darah lagi saat kehamilan mencapai 20-24 minggu.

3. Obstetric cholestasis
Obstetric cholestasis adalah kondisi langka yang menyerang hati, disebabkan oleh hormon kehamilan estrogen dan progesteron. Hal ini lebih sering terjadi pada orang yang hamil anak kembar, disebabkan kadar hormon yang lebih tinggi.

Kondisi ini menyebabkan gatal ekstrem tanpa ruam. Gatal tertentu umum terjadi pada kehamilan, tapi jika gejalanya parah, segera hubungi dokter atau bidan.

Sumber : hellosehat.com