Kinerja Anggota Tim Yang Tidak Terlihat Meningkat Dari Waktu ke Waktu

Kinerja merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis organisasi, kepuasan konsumen dan memberikan kontribusi pada ekonomi (Armstrong dan Baron, 1998 :15). Dengan demikian, kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Kinerja adalah tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.

Pengertian kinerja anggota tim menunjuk pada kemampuan anggota tim dalam melaksanakan keseluruhan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Kinerja para anggota tim akan meningkat apabila mereka terlibat secara aktif dan ikut berpartisipasi dan menjadi bagian tim dalam proses kegiatan pada unit organisasi dimana mereka bekerja.

1 Like

iya bener kinerja anggota tim itu penting, karena pekerjaan merupakan tanggung jawab bersama-sama. Nah masalahnya, ada kalanya performance yang terlihat dalam tim itu nggak menunjukkan peningkatan. anggapanku mungkin karena pekerjaan yang dilakukan itu monoton dan nggak ada improvisasi dari pekerjaan yg dilakukan. jadinya pekerjaan itu dianggap tidak menarik lagi untuk dilakukan atau sudah terlihat bosan dengan pekerjaan yang dilakukan

1 Like

tapi kalo menurutku dari pengalaman, kembali lagi ke niat masing masing anggota kelompok, dalam setiap kelompok pasti ada aja anggota yang cuma diam aja dan cuma ngikut temannya, tidak memberikan pendapatnya ketika mereka bekerja, menurutku anggota kelompok yang seperti ini itu yang membuat kinerja kelompok tidak berkembang, solusinya, ketua kelompok harus melakukan pendekatan kepada anggota kelompok yang seperti itu, supaya ketua kelompoknya bisa mengetahui permasalahan apa yg dihadapi anggotanya dan dia memberikan semangat kepada anggota kelompoknya yg seperti itu biar dia lebih semangat lagi, pendekatan yang dilakukan ketua kelompok menurutku sangat penting sih ya untuk menunjang kinerja kelompok untuk kedapannya itu seperti apa, karna kalo kita uda deket kan pasti mampu mengeluarkan semua pemikiran yg kita pikir buat didiskusikan dg semua anggota kelompok

1 Like

iya itu ada benernya sih, tapi peningkatan kinerja anggota tim kembali lagi ke diri masing masing mau berubah lebih balik untuk meningkatkan kinerja tim.
ya salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningatkan kinerja dapat dilakukan dengan evaluasi kinerja yang harus berpedoman pada sesuatu yang telah disepakati dan ditetapkan oleh anggota tim. evaluasi kinerja juga merupakan suatu proses tolak ukur atas kinerja yang sebelumnya dilakuakn untuk meningkatkan produktivitas ke depannya.

1 Like

nah makanya itu gunanya ada project manager. sebagai project manager harus bisa mengendalikan banyak anggota dengan kepribadian yang berbeda-beda. di situ kemampuan project manager diuji. nah aku setuju sama pendapatnya baiq, ada tanggung jawab dari sisi ketua tim buat membangun kinerja kelompok, di samping juga peranan semua anggota tim untuk membangun kekompakan kelompok

1 Like

ada bebrapa hal yang dapat dilakukan anggota tim untuk mencegah hal tersebut, misalkan adanya tujuan yang sama antara angota tim, memiliki antusiasme yang tinggi, memiliki perananan dan tanggung jawab didalam tim dan yang jelas mampu berkomunikasi dan menyampaikan pendapat dengan baik.
mungkin untuk beberapa contoh hal ini nggak selalu di terapkan didalam anggota tim, tapi kalo misalkan dapat diterakan dengan baik mungkin saja kinerja anggota tim akan dapat meningkat dari waktu ke waktu.

1 Like

iya aku juga setuju sih kalau projek menejer berperan penting didalam sebuah projek. tapi anggota tim juga harus punya kemampuan yang dapat dimanfaatkan atau berguna juga buat tim nya. jadi sebenrnya anggota sama projek menejer sama pentingnya hanya projek menejer lebih berperan penting aja.

1 Like

menurut yang aku baca dari artikel di internet, efektifitas kinerja tim itu berdasarkan 2 hasil, hasil produktif sama kepuasan pribadi. kepuasan berhubungan dengan kemampuan anggota tim untuk memenuhi kebutuhan pribadi tiap anggota dan mempertahankan komitmen anggota tim. hasil produktif berhubungan dengan kualitas dan kuantitas dari hasil kinerja yang sebelumnya didefinisikan di tujuan kerja.

2 Likes

kalo ini lebih menyatukan visi dan misi dalam kelompok gitu ya, jadi biar satu tujuan untuk hasil kinerja yang lebih baik, satu lagi sih menurutku yang bisa ngebuat kinerja kelompok meningkat itu keterbukaan antar sesama anggota kelompok yang lainnya, jadi mereka saling sharing dan diskusi tentang apa yg dia masalahkan/ dia rasa tidak bisa mengerjakan :laughing:

1 Like

jadi emang kayanya tidak bisa dipisahkan ya kalau faktor pribadi itu bisa mempengaruhi kinerja dan produktivitas di kelompok gitu ya, memang tidak bisa dipungkiri sih kalau faktor psikologis seseorang itu bisa mempengaruhi semua aktivitas yang sedang dikerjakannya, contohnya nih kalau kita lagi ngerjain skripsi, pasti butuh sesuatu yang bisa membangkitkan semangat dan mood buat ngerjain skripsi, misalnya melakukan hobby, diskusi sama orang orang disekitar yang bisa membantu menurunkan tingkat stres dan ketidak tenangan akan skripsi itu sendiri :wink:

1 Like

dari pengalaman pribadi saya mengenai kinerja tim. pada stiap tim terdapat anggota yang memiliki sifat atau kepribadian yang berbeda-beda namun disisi lain tujuan di bentuknya suatu tim yakni untuk menyelaraskan satu visi dari setiap anggota serta mencapai tujuan proyek yang akan di capai tim tersebut. tidak semua anggota tim mampu dan bersedia mengenyampingkan sifat atau kepribadian masing-masing anggota karena setiap anggota memiliki pemikiran, ide atau gagasan sendiri sesuai dengan kemaunnya namun dari permasalahan tersebut seorang pimpinan atau project manager harus mampu mengambil jalan tengah bagi setiap kepribadian anggota tim dan tujuan proyek yang akan di capainya. seorang pimpinan atau project manager setidaknya memberikan tugas atau pekerjaan kepada anggota tim yang sesuai dengan kapasitas anggotanya serta memberikan tugas yang dapat di lakukan anggota tersebut menjadi pekerjaan atau tugas yang baru yang belum pernah ia kerjakan sebelumnya dengan tuntutan hasil dari yang di lakukan oleh anggota tersebut harus sesuai dengan yang di harapkan oleh seorang pimpinan atau project manager yang telah di targetkan di awal.
namun seorang anggota tim harus ikut serta berperan aktif dalam mencapai keberhasilan tujuan suatu proyek dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan setiap anggota tim dan pimpinan, membangun relasi yang bagus (diskusi, memberikan ide-ide, kerjasama antar anggota tim tanpa mengurangi tanggungjawab individu tersebut dalam tim).

2 Likes

Iya keterbukaan salah satu buat menjaga kenyamanan tim pastinya. terus lebih baik lagi kalo di dalam sebuah tim bisa bekerja dengan baik, saling menghargai pendapat antar anggota, dan aktif dalam diskusi jadi nggak pasif atau iya iya aja.

1 Like

Iya bener iq, ya semuanya menurutku berlandaskan sama diri sendiri, bagaimana cara pandang dan pemikirannya untuk diri sendiri orang lain atau di dalam sebuah tim/organisasi.

1 Like

intinya ini lebih ke komunikasi di dalam kelompok harus berjalan dengan baik dan benar ya, jadi harus saling terbuka antara satu sama lain dalam hal apapun, nggak saling menutupi antara satu sama lain, susah juga kalo ada masalah antar sesama anggota tapi mereka dalam menyikapi permasalahan itu masih dengan cara yang kekanak-kanakan

menurut Daniela Molnau terdapat beberapa faktor yang dapat membuat tim bekerja untuk bekerja :

  1. satu tujuan jelas tentang tujuan kerja tim, dikomunikasikan secara jelas dan menyeluruh oleh manajemen
  2. metrik memungkinkan anggota tim untuk mengevaluasi kinerja mereka dan hubungan antara kerja tim dan indikator bisnis utama
  3. pelatihan tim secara terus-menerus
  4. pengambilan keputusan yang di tujukan untuk mencapai tujuan bisnis
  5. memberikan reward atau umpan balik terhadap anggota tim, agar anggotam tim tidak merasa bekerja individu

faktor-faktor diatas meruapakan bagian penting dari kinerja anggota tim yang mana dapat medukung pencapaian tujuan bisnis dan bagian dari pendukung kinerja anggota pada sebuah tim.

https://www.isixsigma.com/implementation/teams/high-performance-teams-understanding-team-cohesiveness/

iya karna dari setiap orang punya atak yang brbeda-beda pasti butuh proses buat membangun hubungan yang baik antar tim untuk mengenal satu sama lain. selain saling terbuka, harus bertanggung jawab. tau apa dan mana yang penting. apa dan mana yang harus diutamakan.

tapi untuk kebanyakan kasus yang terjadi disekitar saya banyak anggota tim yang melimpahkan semua tanggung jawab ke project manager. kebanyakan dari mereka berfikir bahwa project manager akan mengurus semua tugas karna memiliki tanggung jawab terhadap tim.

1 Like

kalo begitu kesimpulan yang bisa diambil di sini untuk meningkatkan kinerja anggota tim menurut saya adalah, yang pertama dan paling penting yaitu komunikasi, disiplin, kerja sama, dan keuletan. komunikasi terhadap setiap anggota tim juga pimpinan tim yang harus dilakukan terus-menerus dan dengan pendekatan psikologis agar komunikasi yang berjalan itu santai dan dapat diterima oleh semua anggota. komunikasi bisa diterapkan dengan selalu bertatap muka atau meeting karena dengan bertatap muka banyak hal yang bisa didiskusikan bersama antar anggota dan pemimpin tim. nah tujuan bertatap muka ini tidak mungkin didapat jika setiap anggota tim tidak disiplin. maka dari itu kedisiplinan harus diterapkan sebaik-baiknya supaya apa yang ingin dicapai tim bisa terlaksana dengan baik.

itu artinya anggota tim yang belum tahu tanggung jawab apa yang harus ditanggungnnya. anggota tim yang belum tahu job desk yang harus dilakukannya. itulah yang sebelumnya sudah saya sampaikan bahwa peranan project manager di sini sangat besar. wewenang tertinggi berada di project manager, nah disitu seorang project manager harus sadar akan tanggung jawabnya untuk menegaskan kepada anggota tim apa yg harus dilakukan tiap anggota, apa saja job desk nya, dan tanggung jawab anggota tim terhadap tugasnya. karena pada akhirnya tugas project manager adalah memimpin dan mengayomi

lalu apa menurut anda jika anggota tersebut tetap tidak menunjukan peningkatan dari waktu ke waktu? apakah yang yang harus dilakukan projek manager? apa dia akan tetap memberikan toleransi kepada anggota nya tersebut?