Keyword pada bagian apa saja yang harus dioptimisasi pada sebuah situs?

Frase atau kata kunci (keyword) disini bukanlah satu kata tunggal, melainkan dapat terdiri dari 2 atau 3 kata tunggal yang mewakili isi situs yang akan dipasarkan. Pemilik situs harus membuat halaman situsnya kaya akan keyword. Bagian-bagian yang harus di optimisasi keyword-nya adalah:

  • Judul halaman web (title tag)
    Title tag adalah tag yang paling pertama dan paling penting. keyword pada title tag harus ditargetkan karena search engine akan menampilkan title tag dari situs web sebagai bagian dari hasil pencariannya. Pada title tag, sebaiknya digunakan keyword langsung sejak awal serta menonjolkan kegunaannya.

  • Uraian deskripsi halaman web (meta description tag)
    Meta description tag digunakan oleh banyak situs search engine untuk memberikan uraian singkat dari halaman web yang didaftarkan. Uraian tersebut akan muncul pada hasil pencarian.

  • Uraian frase halaman web (meta keyword tag)
    Aturan bagi meta keyword tag sangat sederhana, pada tag ini tidak diperlukan mengetikkan kalimat yang persuasif, dan cukup tonjolkan keywordnya. Pada penulisan meta keyword tag ini tidak terdapat aturan baku, apakah penulisan antara keyword yang satu dengan keyword lainnya perlu menggunkaan tanda koma ataukah tidak. Namun karena Yahoo! memeriksa seluruh meta tag keyword dan menyarankan perlunya menggunakan tanda koma, maka sebaiknya pemilik situs menggunakannya.

  • Body halaman
    Cara kerja search engine dalam membaca teks halaman web adalah de- ngan mengarsir paragraf pertama halaman web tersebut. Karena itu, pastikan frase yang dianggap penting berada pada paragraf pertama.

    Halaman-halaman web yang berisi konten yang tidak jelas, terlalu umum, dan tidak memiliki keyword di judul utama halaman, di beberapa meta tag, subjudul, ataupun dalam teks halaman akan membuat bingung search engine dalam penempatan kategori yang tepat dalam indeks database-nya.

    Juga pada bagian body halaman, diisi dengan gambar di dalamnya, sesuai dengan bidang isi situs yang akan dipasarkan. Masukkan alt tag untuk gambar tersebut dengan frase yang menunjukkan gambaran isi situs yang dipasarkan. Masukkan juga kata-kata lain di dalam alt tag tersebut, na- mun awali dengan keyword yang akan dibidik.

  • Headings
    Heading sangat penting bagi search engine untuk menganalisa topik masing- masing halaman web. Karena alasan inilah, pemilik situs juga perlu memasukkan keyword yang mewakili manfaat atau fungsi isi situsnya. Selain penamaan judul (Heading), pemilik situs juga perlu menulis subjudul (subheading). Subjudul penting bagi search engine dalam menganalisa tema dan topik dari masing-masing halaman web.

    Pemilik situs juga perlu meghindari penggunaan teknik classers yang didefinisikan secara detil pada apa yang disebut sebagai Cascading Style Sheet (CSS). Untuk heading dan subheading, sebaiknya gunakan HTML standar, seperti H1, H2, H3, dan seterusnya karena search engine tidak mampu membaca CSS tanpa menggunakan format standar HTML seperti itu.

    Karena search engine tidak bisa mengenalnya, tema atau topik halaman web akan menjadi kabur. Oleh sebab itu, bagi halaman web yang memang diperuntukkan untuk menarik pengunjung lewat search engine , jangan gunakan tag heading dan subheading yang diatur lewat CSS, kecuali halaman web yang memang diperuntukkan bagi pengunjung yang mengakses dengan mengetikkan alamat URL.

  • Hyperlink
    Search engine juga sangat sering dalam mengambil informasi dari tiap- tiap hyperlink. Karena tidak jarang hyperlink berisi petunjuk penting sehubungan dengan tema dan topik halaman web, misalnya frase yang di-hyperlink bernama “materi kuliah ilmu komputer”, dan me-link hala- man web bernama “materi-kuliah-ilmu-komputer.html”. Dengan demi- kian, search engine akan lebih mudah mengerti bahwa topik atau tema halaman web tersebut seputar kategori materi kuliah.