Keuntungan apa yang didapat dengan dilakukannya riset pelanggan (customer research)?

Para produsen atau pelaku usaha perlu memahami riset pelanggan untuk memberitahu keputusan bisnisnya, mulai dari pemasaran, pengembangan produk, sampai riset. Mengetahui persona pelanggan dan pilihan yang mereka buat merupakan hal kritis bagi pelaku usaha dan bisnisnya.

Berikut ini beberapa keuntungan dari dilakukannya riset pelanggan:

  1. Menuntun komunikasi dengan pelanggan yang sekarang dan calon pelanggan. Tujuannya adalah agar Anda tahu apa yang mereka suka atau tidak suka. Barulah Anda dapat menyesuaikannya dengan apa yang Anda katakan kepada mereka untuk membuat mereka mengambil tindakan.

  2. Membantu mengidentifikasi peluang di pasar. Dengan melakukan riset Anda jadi bisa melihat kemungkinan bahwa produk baru yang telah direncanakan mungkin bukanlah kebutuhan pasar Anda. Kemudian, Anda dapat memutuskan untuk membuat modifikasi pada apa yang akan Anda tawarkan sesuai dengan audiens Anda.

  3. Membantu meminimalkan risiko. Melaui riset terhadap pelanggan, Anda mungkin dapat menemukan semua informasi yang Anda butuhkan untuk memutuskan apakah akan mengambil tindakan tertentu.

  4. Membantu membangun tren. Riset pelanggan ini bisa Anda jadikan sebagai latihan berkelanjutan untuk menemukan bahwa Anda akan memiliki banyak data guna menganalisis pelanggan dan membentuk suatu tren.

Riset pelanggan (pasar) adalah alat yang sangat berharga yang pada awalnya mungkin terlihat mahal dan lambat, tetapi itu tidak lebih dari sebuah investasi.