Ketika Menjadi Seorang Entrepreneur, Mindset Apa yang Harus Dikembangkan?

IMG_8577

Mindset yang tepat sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Pentingnya mindset dalam meraih kesuksesan bukanlah sebuah omong kosong jika mengingat bahwa keputusan yang diambil seseorang sebenarnya dipengaruhi sebagian besar oleh emosi dan juga sedikit oleh logika.

Untuk seseorang bisa menjadi pengusaha sukses diperlukan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan juga cermat. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa mindset seorang pengusaha sukses mempunyai peran yang penting bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha.

Lalu pertanyaannya, apa saja mindset yang harus dikembangkan untuk sukses dan bagaimana cara membangunnya?

betul banget, mindset itu sangat berpengaruh bagi kesuksesan seseorang. Mindset yang perlu dikembangkan diantaranya :

  1. Berani mengambil resiko, membangun mindset berani mengambil risiko membutuhkan keberanian yang cukup serta kemampuan untuk bisa menilai apakah potensi imbalan yang dapat diterima setimpal dengan risiko yang ada.
  2. Mencari solusi di balik masalah, Elon Musk adalah salah satu pengusaha sukses yang mempunyai mindset ini. Kesal dengan lalu lintas kota Los Angeles yang kacau dan seringkali macet, Elon Musk mempunyai ide untuk mengalahkan kemacetan dengan membuat terowongan bawah tanah yang kemudian akan dikembangkan menjadi Hyperloop network.
  3. Bangkit dari kegagalan, tidak semua bisnis atau produk yang dibuat oleh pengusaha dapat meraih keberhasilan. Banyak dari bisnis atau produk yang dimulai berakhir dengan kegagalan. Tetapi seorang pengusaha yang sukses mempunyai mindset pengusaha sukses yang mendorong mereka untuk segera bangkit dari kegagalan.
Summary

Kompasiana

1 Like

Menjadi entrepreneur tidak semudah yang dikatakan motivator. Memulainya memang mudah, tapi untuk bertahan diperlukan banyak pengorbanan. Dan salah satu penyebab utama kesuksesan seorang entrepreneur adalah dari dalam diri yaitu berupa “mindset” atau pola pikir. Berikut 5 mindset yang wajib dimiliki dan dikembangkan sebagai entrepreneur:

  1. Berani Ambil Resiko
    Seorang entrepreneur adalah seorang yang berani mengambil resiko dengan berpikir optimis didepan bahwa hal tersebut pasti bisa dicapai, tentunya bukan optimis buta, perlu Anda pelajari dulu resikonya dan strategi mencapainya.
  2. Mencari Peluang Baru
    Banyak orang yang membatasi kemampuan dan potensi diri mereka sendiri dengan hanya berhenti pada satu titik saja. Seorang entrepreneur perlu untuk menjadi peka terhadap peluang-peluang yang datang lalu mengambil peluang itu jika memang sudah direncanakan dengan matang.
  3. Action Oriented
    Seorang pengusaha / entrepreneur fokusnya adalah pada tindakan dan eksekusi bukan hanya berhenti pada ide saja. Seorang entrepreneur sejati lebih memilih melangkah dulu diawal dan menyempurnakan sambil berjalan. Karena jika diawal sudah ingin langsung sempurna, maka hal tersebut tidak akan terjadi.
  4. Belajar terus menerus
    Seorang entrepreneur sukses adalah seorang pembelajar sejati. Dia selalu belajar untuk upgrade terus isi kepalanya. Karena mereka sadar investasi terbaik adalah leher ke atas, bukan pada penampilan. Itu sebabnya Steve Jobs pernah berkata “stay hungry stay foolish” agar kita tidak berpuas diri pada ilmu yang telah dimiliki
  5. Visi Besar
    Visi adalah tujuan dan cita-cita setiap perusahaan. Semakin besar visi yang dimiliki, semakin besar pula tantangan yang akan dihadapi untuk mencapai semua visi tersebut.
Summary

5 Mindset Entrepreneur Dan Cara Membangunnya | Alona.co.id

1 Like