Ketika Jari Menjadi Tangan Kanan Mulut

Ketika Jari Menjadi Tangan Kanan Mulut

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki kecenderungan menyukai dan membutuhkan kehadiran sesamanya sebagai kebutuhan dasar yang disebut kebutuhan sosial (social needs). Selain itu. makhluk sosial adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya dan saling membutuhkan satu sama lain. Karena hal itulah adanya suatu interaksi sosial antara individu. Suatu interaksi sosial akan terbentuk apabila memenuhi dua syarat, yakni kontak dan komunikasi.
Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Dalam kegiatan komunikasi memiliki fungsi yaitu, sebagai sarana untuk mendapatkan informasi, berperan dalam mengendalikan perilaku orang lain, serta menjadi hal yang dapat memotivasi melalui adanya komunikasi dengan para motivator. Pada umumnya kegiatan komunikasi dilakukan baik secara lisan maupun tertulis dengan adanya aksi dan reaksi baik berupa perasaan, gerak badan maupun pembicaraan sehingga terjadilah komunikasi antar individu atau kelompok.
Pada masa sekarang ini, komunikasi bukan lagi menjadi hal yang sulit dengan adanya teknologi. Jarak dan waktu tidak akan menjadi sebuah masalah lagi dalam menjalin komunikasi antar individu maupun kelompok. Banyak jalan yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi dengan media sosial yang ada. Untuk melakukan kegiatan komunikasi seperti berpidato, memberi saran, memberi tugas sesuatu untuk dilakukan, memberikan ceramah dan wawancara tidak harus bertemu secara tatap muka.
Dengan adanya media sosial sebagai alat komunikasi yang praktis menimbulkan perubahan dalam masyarakat luas dan berpengaruh terhadap hubungan sosial masyarakat. Sehingga muncullah kalangan masyarakat yang modern dan kalangan masyarakat tradisional dalam bidang komunikasi. Bagi mereka golongan modern yang ingin serba mudah dan tersampaikan dengan cepat perkembangan ini sangat di dukung. Tapi lain halnya dengan masyarakat tradisional yang belum memahami mengenai perkembangan zaman apalagi di desa dengan keterbatasan teknologinya.
Terdapat perbedaan antara masyarakat yang ada di desa dan di kota, salah satu perbedaannya adalah pola mereka berinteraksi. Di desa masyarakat cenderung terbuka, sifat kekeluargaan sangat erat walau bukan keluarga sesungguhnya, sifat gotong royong masih terjaga, dan lainnya. Sedangkan masyarakat di kota sebaliknya, mereka cenderung tertutup dengan masyarakat yang lainnya, kurangnya sifat gotong royong, dan seterusnya.
Pada masa modern ini masyarakat mengalami perubahan yang lebih drastis dalam pola kehidupannya. Disebabkan salah satunya dengan adanya kemajunya IPTEK seperti gadget, internet, dan sebagainya sangat berperan dalam media komunikasi. Hal inilah yang membuat handphone atau android dari kebutuhan tersier menajdi kebutuhan pokok. Tentu hal ini tidak hanya terjadi pada masyarakat kota, tetapi juga pada masyarakat desa, tetapi tingkat perubahannya kurang menonjol dibanding masyarakat kota. Karena tingkat ekonomi masyarakat desa serta menilai hal ini bukan kebutuhan pokok mereka dan banyak yang berasumsi buruk mengenai media komunikasi ini sehingga ragu untuk mengikuti perkembangannya.
Meskipun semuanya menjadi mudah dengan adanya teknologi media komunikasi yang canggih, masih ada masyarakat yang tidak mau mengikuti perkembangan terutama masyarakat di desa karena telah berasumsi buruk dengan melihat pengguna lain. Hal ini disebabkan karena kurangnya komunikasi mengenai arahan penggunaan teknologi seperti handphone atau android. Tidak dapat dihindari lagi bahkan anak usia dini sudah memiliki handphone atau android pribadi dan dibebaskan orang tuanya. Faktor inilah yang membuat pendapat masyarakat mengenai media komunikasi handphone atau android menjadi buruk. Padahal yang menyebabkan adanya asumsi baik dan buruk adalah penggunanya sendiri.
Masyarakat di desa sering membicarakan mengenai media komunikasi berupa handphone atau android sangat tidak baik karena penggunanya selalu fokus dengan apa yang ada di layar androidnya. Sehingga muncullah istilah β€œYang Jauh Makin Dekat, Yang Dekat Makin Jauh”. Hal ini karena pengguna sibuk mencari hal yang tidak diketahui seperti berita, kabar saudara jauh, semua menajdi mudah hanya dengan menggunakan media komunikasi dan jari tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan waktu yang lama. Bahkan untuk berkomunikasi dengan yang dekat saja membutuhkan media ini.
Memang hal tersebut menajdi sesuatu yang berdampak buruk bagi interaksi sosial secara langsung antar individu. Di masa sekarang ini handphone atau android sudah menjadi kebutuhan bagi manusia dalam menjalankan komunikasi. Apa pun macam informasi dan cara berkomunikasi akan mudah dilakukan hanya dengan menggunakan handphone dan kelincahan jari jemari. Dalam media komunikasi ini, kita dapat berkomunikasi secara lisan maupun tertulis.
Berkomunikasi secara lisan tentu menjadi hal yang biasa bagi masyarakat. berkomunikasi secara tertulis menajdi pilihan yang baik bagi mereka yang tidak dapat mengeluarkan pendapatnya secara lisan. Dalam melakukan komunikasi secara tertulis dapat menimbulkan kepercayaan diri unguk mengutarakan sesuatu. Seperti halnya memberikan saran, mengkoreksi sesuatu, menyampaikan pendapat melalui tulisan seperti yang penulis lakukan. Ada hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi secara tertulis, yaitu maksud dan tujuan komunikasi itu sendiri, selain itu juga harus dipertimbangkan resiko dari apa yang ditulis.
Sudah di jelaskan bahwa dalam berkomunikasi ada aksi dan reaksi baik berupa perasaan, gerak badan maupun pembicaraan. Dalam melakukan komunikasi secara tertulis tidak harus disertai dengan adanya timbal balik berupa pembicaraan melainkan perasaan. Dengan begitu apa yang ada dalam pikiran penulis tersampaikan ke pada pembaca sehingga pembaca akan mendapatkan informasi yang diinginkan. Hal tersebut berdampak baik bagi mereka yang pandai menulis dan ragu untuk bertutur secara langsung dihadapan semua orang.
Pada masa sekarang ini, untuk berkomunikasi tidak harus dengan berbicara secara langsung. menuangkan sesuatu dalam bentuk tulisan adalah salah satu bentuk komunikasi dengan perasaan dan pikiran. Cukup dengan menungkan dalam tulisan yang akan diserap oleh pembaca dan apabila terdapat pertanyaan mengenai hal tersebut maka terjadilah komunikasi secara tertulis berupa diskusi. Masa modern saat ini manusia tidak perlu bingung untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Kita bisa menggunakan jari jemari, pemikiran dan media komunikasi ini untuk berkomunikasi bahkan dengan orang lain diluar jangkauan kita.
Tidak ada salahnya mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Jika terdapat penyalah gunaan teknologi seperti media komunikasi berupa hadnphone atau android itu bukan merupakan kesalahan dari pengembangannya. Akan tetapi penggunanya yang kurang cermat dalam menyikapi teknologi media komunikasi. Dengan handphone atau android kita dapat berkomunikasi dengan mudah. Baik berkomunikasi secara lisan maupun secara tertulis. Hal ini baik bagi seseorang yang pandai menulis dan merangkai kata tanpa harus bertutur di depan banyak orang.

Sumber referensi




16 Likes