Kesederhanaan Dalam Kehidupan

Kesederhanaan

“Kesederhanaan membawa kepuasan dan semua hal akan tumbuh dengan baik, dalam ketiadaan akan sesuatu yang berantakan dan rumit”. -Dr.Maoshing Ni

Sederhana tidak selamanya buruk. Anda tidak mengalami sesuatu yang rumit dan mengamai kesulitan karenanya. Make it Simple.

Apa pendapat anda?

SUMBER:
http://epataufikhidayatuser.blogspot.co.id/2014/10/100-kalimat-bijak-dan-kalimat.html

Semakin sederhana hidup anda, maka kesulitan, kerumitan dan kesmrawutan dalam kehidupan akan semakin jarang anda temui.Jika semua hal itu tidak ada, maka anda akan hidup lebih bahagia.

Kesederhanaan [ke·se·der·ha·na·an] dalam kamus KBBI kesederhanaan memiliki arti, hal (keadaan, sifat) sederhana; syarat pemerian kebahasaan yang didasarkan atas pendekatan uraian (dengan ketuntasan dan kehematan) ( Linguistik ).

Arti kata sederhana adalah adanya hal yang dapat memberi kita keseimbangan, kebebasan dan kebahagiaan hidup. Dengan begitu, kita akan memiliki hidup yang seimbang dan bahagia.

Jarang orang mau mengakui, kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia ini: suatu karunia alam. Dan yang terpenting diatas segala-galanya ialah keberaniannya. Kesederhaan adalah kejujuran, dan keberanian adalah ketulusan. - Pramoedya Ananta Toer

Tips Hidup Sederhana tapi Bahagia

1. Selalu Bersyukur Kepada Allah,

Selalu bersyukur kepada Allah akan menjadikan hidup terasa bahagia karena kita belajar untuk mengontol emosi.

2. Berpenampilan Sesuai dengan Isi Kantong

Tidak sedikit orang-orang sekarang yang tidak segan berhutang hanya agar bisa berpenampilan sedikit lebih menarik dari orang kebanyakan tanpa disadari baahw gaya hidup yang tidak sesuai kantong akan menyengsarakan.

3. Selalu Rendah Hati

Meskipun memiliki banyak keunggulan, hindarilah keinginan untuk menyombongkan diri atau merasa lebih hebat. Sikap rendah hati seperti ini akan membuatmu dihormati dan disegani oleh banyak orang. Terlebih, kamu akan mendapatkan lebih banyak teman karenanya.

4. Bersikap Sosial

Bersikap sosial adalah salah satu cara hidup sederhana menurut Islam yang harus kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara menjadi sukarelawan atau bahkan bersedekah. Dengan jiwa sosial yang tinggi, kamu akan lebih bahagia karena merasa bermanfaat untuk orang banyak.

5. Berpikir Positif

Dengan selalu berpikir positif, tidak akan ada lagi hal yang bisa menghalangi dalam hidup. Kamu akan mampu mengatasi berbagai masalah hidup, bangkit dari kegagalan, dan selalu bersemangat untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik.

6. Rutin Berolahraga

Dengan fisik yang lebih sehat, kamu akan menjalani segala aktivitas sehari-hari dengan lebih banyak stamina. Selain itu, kamu juga bisa mulai membiasakan diri untuk bersepeda ke kantor agar hidup menjadi lebih hemat.

7. Makan dengan Porsi Secukupnya

Untuk tips hidup sederhana terakhir, mulailah untuk makan dan minum dengan porsi yang pas. Selain untuk tujuan berhemat, hal ini juga dilakukan agar kamu bisa belajar mengenai keburukan dari segala hal yang berlebihan.

Contoh Hidup Sederhana dalam Islam

Inilah beberapa contoh hidup sederhana yang terinspirasi dari kesederhanaan Rasulullah:

  1. Tidak pernah berlebihan dalam berbagai hal
  2. Tidak bermewah-mewah
  3. Makan dan minum seadanya
  4. Berbelanja hanya sesuai kebutuhan
  5. Menggunakan barang hanya sesuai dengan fungsinya
  6. Tidak mudah terpengaruh oleh tren dan hal-hal yang sedang viral
  7. Hemat dalam pengeluaran pribadi dan boros ketika beramal
  8. Hanya mengganti barang memang ketika barang tersebut sudah rusak
  9. Menggunakan kendaraan umum saat bepergian

Semakin tingginya gaya ini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk memenuhinya. Terkadang banyak dari masyarakat terlalu memaksakan untuk memenuhi gaya hidup tersebut. Berikut ini beberapa manfaat dari bersikap sederhana yang masih sedikit diketahui :

1. Keuangan Anda membaik

Buat hidup Anda sederhana, buat anggaran dan terapkan dengan baik.

Jual barang-barang yang tidak Anda butuhkan lagi dan hanya beli barang-barang yang Anda sukai atau butuhkan. Lebih sedikit hal yang memungkinkan tinggal di ruang yang lebih kecil. Jika pengeluaran Anda lebih sedikit, keuangan Anda akan berada pada pijakan yang lebih aman. Kurangi berhutang hanya untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Memiliki kelebihan sumber daya keuangan menghilangkan banyak tekanan dari kehidupan.

Ketenangan pikiran yang Anda nikmati sepadan dengan pengorbanan minimal. Investasikan uang anda.

2. Anda secara alami menghindari reaksi berlebihan

Menjalani gaya hidup sederhana memungkinkan Anda melihat kenyataan situasi dengan lebih mudah.

Pikiran Anda lebih damai karena tidak khawatir terhadap banyak hal. Lebih mudah untuk membuat keputusan yang bijaksana ketika Anda mengetahui prinsip-prinsip Anda dalam kehidupan. Anda hanya mengatakan ya ketika Anda bisa dan dengan tegas mengatakan tidak ketika Anda tidak bisa atau tidak mau.

3. Anda meningkatkan kesehatan Anda

Dengan berfokus pada apa yang paling penting, tingkat stres Anda akan lebih rendah dan kesehatan Anda akan lebih baik. Stres dapat memengaruhi suasana hati, tekanan darah, dan kesehatan mental Anda. Orang yang hidup sederhana akan berfokus pada kesehatan mereka dan memperhatikan dengan cermat apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka. Mereka cukup peduli tentang masa depan sehingga mereka tidak menyalahgunakannya di masa sekarang.

4. Hubungan Anda menjadi lebih dalam dan lebih bermakna

Lebih mudah untuk fokus pada orang lain ketika hidup Anda lebih sederhana. Interaksi ini juga tulus, karena Anda bebas dari kebutuhan untuk mengesankan mereka. Pilih orang-orang dalam hidup Anda yang benar-benar dapat Anda percayai.

5. Kesederhanaan dan kebebasan berjalan beriringan

Semakin banyak hal yang Anda miliki, semakin banyak tanggung jawab yang Anda miliki, semakin banyak yang Anda butuhkan untuk melayani ego Anda, dan semakin sedikit kebebasan yang Anda nikmati. Anda akan menemukan bahwa hal-hal sederhana seperti berjalan, melihat awan dan mencium aroma bunga dapat membuat Anda sangat bahagia. Kehidupan yang sederhana memberi Anda kebebasan dari masalah-masalah dalam kehidupan yang seharusnya tidak menjadi perhatian utama.

6. Anda belajar lebih banyak tentang diri Anda

Ketika Anda tidak mengalihkan perhatian Anda dengan gadget, dan menekankan tentang menjadi seorang CEO sebelum usia 40 tahun, Anda memiliki waktu dan ruang mental untuk mempelajari lebih banyak tentang diri Anda. Anda punya waktu untuk merenung dan bersyukur atas apa yang sudah Anda miliki.

7. Hidup Anda kurang berantakan

Lebih sedikit kepemilikan dan komitmen menghasilkan lebih sedikit kekacauan. Ini berarti Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membersihkan dan mengatur. Secara alami, Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang. Bayangkan tidak harus menghabiskan begitu banyak waktu menjaga hidup Anda teratur dan berurusan dengan semua hal yang tidak Anda butuhkan atau inginkan. Sekarang, itulah yang Anda sebut kehidupan!

8. Anda bisa jujur pada diri sendiri dan nilai-nilai Anda

Masyarakat modern berfokus pada banyak hal yang tidak mengarah pada kebahagiaan dan kepuasan. Rumah besar, mobil mewah, dan rumah kedua di Aspen tidak pernah membuat orang bahagia. Menjaga hal-hal sederhana tidak akan membiarkan Anda terganggu dengan godaan yang ditawarkan kehidupan. Namun, kehidupan yang kompleks dengan banyak pengeluaran telah membuat banyak orang sengsara.

9. Lebih banyak waktu luang

Bagaimana Anda akan menghabiskan semua waktu ekstra yang akan Anda nikmati sebagai manfaat dari menjalani kehidupan yang sederhana?

Sulit untuk belajar rileks ketika Anda terbiasa berlarian mencoba menyelesaikan semuanya. Tetapi waktu luang adalah hadiah yang hanya dihargai oleh segelintir orang.