Kesalahan Memakai Primer yang Sering Dilakukan

Pada dasarnya, primer memang digunakan sebagai dasar foundation. Primer berguna untuk melembapkan sekaligus menghaluskan kulit. Primer juga bisa menjadikan pemakaian foundation Anda tahan lebih lama dan terlihat mulus.

1. Tidak Menyesuaikan Formula Primer Dengan Kulit
Primer memiliki formula dan tekstur yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan masalah kulit yang ingin diatasi. Ada primer khusus kulit berminyak, ada yang untuk kulit kering, ada juga yang untuk kulit berkeriput. Jika primer justru membuat makeup Anda tidak mulus, perhatikan kegunaan primer tersebut. Jangan-jangan, Anda salah pilih produk.

Untuk Anda pemilik kulit berminyak, coba pilih primer yang punya label mattifying, no sebum, atau oil control. Primer sejenis ini memiliki formula yang cenderung tahan lama dan juga tahan minyak. Primer untuk kulit berminyak biasanya disertai kemampuan menyamarkan pori-pori. Jika kulit Anda kering, sebaiknya pilih primer dengan label hydrating, soothing, mooisturizing, water-based atau aqua. Primer jenis ini akan memberi kelembapan ekstra dan mencegah foundation retak karena kulit yang terlalu kering.

2. Tidak Menyesuaikan Formula Primer Dengan Foundation
Selain melihat kesesuaian formula primer dengan kulit, Anda juga harus melihat kesesuaiannya dengan foundation yang akan dipakai. Formula yang digunakan pada foundation dan primer biasanya silikon, air, atau minyak. Untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang mulus, cari tahu dulu formula foundation Anda, setelah itu sesuaikan dengan primer. Pastikan formula foundation dan primer Anda sama dengan melihat labelnya.

Kalau Anda menggunakan foundation berbahan silikon (yang biasanya memiliki tekstur kental dan coverage tebal), hindari menggunakan primer yang berbahan dasar minyak. Foundation justru sulit menempel dan berisiko luntur. Sebaliknya, jika Anda menggunakan foundation berbahan dasar air (yang biasanya memiliki tekstur ringan dan coverage medium), hindari memilih primer yang mengandung silikon. Tekstur foundation yang lebih ringan cenderung akan mudah retak. Karena itu, pasangkan primer dan foundation yang berbahan dasar sama. Silikon dengan silikon, air dengan air, minyak dengan minyak.

3. Tidak Menggunakannya Pada Kelopak Mata
Riasan wajah tahan lama, namun riasan mata cepat luntur? Jika hal ini sering terjadi pada Anda, mungkin Anda melupakan pemakaian primer pada area mata. Area bawah mata adalah area yang memiliki kulit tipis dan kadang lebih gelap. Jika Anda menggunakan concealer untuk menyamarkan kerut atau mata panda, gunakan primer sebelum concealer agar hasilnya tak cepat luntur. Begitu juga dengan kelopak mata. Area ini biasanya cepat berminyak sehingga pemakaian eyeshadow sering luntur atau tampak bergaris-garis. Nah, gunakan juga primer ini pada kelopak mata. Jika tak menggunakan primer biasa, Anda bisa menggunakan primer yang dikhususkan untuk kelopak mata.

4. Beranggapan Primer adalah Pasangan Tetap Foundation
Primer memang biasanya digunakan bersama foundation, namun bukan berarti Anda wajib menggunakannya bersama foundation. Kegunaan primer tak hanya untuk menjadikan hasil foundation tahan lama. Primer bisa digunakan juga untuk melembapkan dan memberi efek soft focus atau kulit yang lebih halus. Anda yang memang terbiasa dengan riasan natural atau tipis bisa menggunakan primer bersama bedak, baik itu bedak tabur atau bedak padat. Hasil halusnya tetap sama. Tentu bedak akan cepat luntur dibanding foundation, namun kulit Anda terasa lebih ringan.

Sumber : https://journal.sociolla.com/beauty/kesalahan-memakai-primer-yang-sering-dilakukan/