Kenapa tupai tidak mau makan ?

Tupai yang dipelihara terkadang tiba-tiba tidak mau makan yang mengkhawatirkan dan bisa menyebabkan tupai menjadi sakit. Kenapa tupai tidak mau makan ?

Tupai tidak mau makan bisa menandakan sedang sakit. Tupai salah satu hewan mamalia (menyusui) yang hidup di atas pohon. Hewan pengerat ini bersifat aktif pada siang hari. Makanan utama adalah buah buahan, kelapa dan beberapa serangga kecil.

Perubahan tingkah laku, merupakan tanda awal adanya masalah (sakit). Mulai dari mencret, menandakan terjadi masalah pada saluran pencernaan.

Penyebabnya sangat beragam kemungkinan misalnya alergi terhadap makanan, infeksi kuman (bakteri, virus), infestasi parasit (cacing, toxoplasma) dan masih banyak lainya.

Kehilangan banyak cairan akibat diare dan muntah dapat menyebabkan menjadi dehidrasi, sehingga menjadi lemas, gemeteran atau lainya, hal ini dapat membahayakan keselamatannya tupai tersebut.

Tidak mau makan adalah salah satu tanda bahwa hewan sedang sakit. Jika perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium, sehingga diagnosa atas sakit yang dialami tersebut dapat ditentukan, sehingga pengobatan yang sesuai dapat diberikan. Semakin cepat penanganan, diharapkan semakin besar peluang kesembuhannya,