Kenapa sudah memakai sunscreen tapi kulit masih terbakar?

Menggunakan sunscreen dengan SPF dan PA setinggi apapun tetap tidak akan bekerja efektif, jika tidak digunakan sesuai prosedur penggunaan sunscreen yang benar.

Penyebabnya adalah:

Kenali dengan baik apa itu pengertian SPF
SPF atau Sun Protection Factor adalah perkiraan daya tahan sunscreen terhadap radiasi matahari yang fungsinya untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar UV. Nilai yang tercantum pada SPF (SPF 20, 25, 30, 50, 100, etc) bukanlah pengertian dari lama waktu pemakaian sunscreen yang bekerja untuk melindungi kulit. Arti angka tersebut adalah, ketahanan sunscreen untuk menghalau radiasi sinar UVA dan UVB dari matahari.

Patuhi aturan waktu menggunakan sunscreen
Sunscreen tidak akan bekerja efektif jika digunakan ketika kulit sudah terpapar matahari langsung. Gunakan sunscreen maksimal 15 menit sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Selanjutnya, ulangi pemakaian sunscreen sesuai nilai SPF yang terdapat pada sunscreen-mu. Ini penting untuk diingat dan sering menjadi penyebab mengapa kulit tetap terlihat gelap dan merah meski sudah menggunakan sunscreen.

Waktu matahari yang penting untuk dihindari
Untuk kita yang gemar melakukan aktivitas di bawah terik matahari, seperti di pantai misalnya, sebaiknya hindari waktu matahari di jam berikut: 10.00am – 15.00pm. Waktu yang aman untuk kulit dan tubuh mendapat asupan nutrisi dari matahari di mulai dari jam 8.00am – 9.00am. Waktu ini disesuaikan dengan kondisi lapisan ozon di bumi yang sudah menipis akibat global warming.

Gunakan sunscreen di seluruh bagian wajah dan tubuh
Tidak hanya di kulit wajah, tangan dan kaki, sunscreen pun perlu diterapkan di bagian kulit tubuh yang tersembunyi. Untuk tubuh bagian atas: kulit wajah, leher, telinga, kulit area mata, dan bibir. Tubuh bagian bawah, seluruh tangan hingga siku, seluruh kaki, kulit bagian lutut dan telapak kaki.

sumber: