Kenapa sekarang orang makin banyak yang tidak sopan ?

perilaku

(Ervin winardo toepak) #1

tidak sopan

Zaman sekarang, banyak sekali anak-anak yang mengatakan kata-kata kotor ataupun tidak pantas. Bahkan ada yang secara terang terangan mempublikasikan hal-hal yang kurang pantas tersebut ke dunia maya. Mengapa hal ini bisa sampai terjadi ? Pengaruh teknologi atau ada pengaruh-pengaruh lainnya ?


(Apriani Tampubolon) #2

Yang pasti itu pengaruh dari lingkungan, teknologi, dan tak jarang juga penyebabnya adalah orangtuanya sendiri. Saya mengatakan begitu karena banyak anak-anak yang bersikap tidak baik dikarenakan kurangnya perhatian dari orangtua. Anak-anak melakukan hal-hal yang tidak baik untuk mendapatkan kesenangan tersendiri sebagai pengganti perhatian dari orangtua.


(Lovina Devira Sari) #3

Banyak anak yang bersikap kurang sopan karena tidak adanya ajaran sopan santun sejak dini. Saya ingat sewaktu kecil saat orang tua bicara saja kami dilarang untuk berisik, kami harus diam dan mendengarkan, tidak boleh menyela. Anak sekarang kadang dia menjawab orang tua dengan seenaknya saja. Zaman sekarang para orang tua banyak sibuk dengan pekerjaan fokus untuk masa depan sehingga jarang untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti itu.

Teknologi juga sangat berpengaruh akan sikap anak zaman sekarang, mereka menganggap etika adalah hal kuno. Kemudian lebih memilih mengikuti gaya sekarang yang tujuan hanya untuk pamer di media sosial.

Gadget juga membuat anak lebih suka menyendiri daripada berkomunikasi dengan temannya. Permainan anak zaman dahulu lebih mengajarkan untuk bersosialisasi, anak zaman dulu lebih sering bermain berkelompok. Pergi ke suatu tempat bersama-sama. Dan yang pasti penanaman nilai moral, etika dan sopan santun haruslah sejak dini.
Peran serta orang tua, sekolah dan lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh untuk hal ini.

Terima Kasih.


(Aprivisi Ewa Abbas) #4

Sebernanya kemerosototan moral ini tidak terjadi pada anak-anak saja , namun pada remaja juga kian memprihatinkan, sudah banyak remaja sekarang ini yang berlaku tidak sopan , cenderung brutal , dan berkata-kata kasar, lantas dengan kondisi seperti ini , siapakah atau apakah penyebabnya ?

Ya hal ini tidak lain karena faktor globalisasi , salah satunya karena kemajuan teknologi , dan diantara kemajuan teknologi yang kian berkembang ini , televisi memegang peranan besar terhadap sikap seorang anak. Hal ini karena anak anak cenderung meniru apa yang mereka lihat , terlepas itu baik maupun buruk, tidak usah jauh jauh, dapat kita ambil contoh sekarang ini saja tontonan anak yang mendidik sudah semakin berkurang jumlahnya digantikan dengan tayangan tayangan dewasa yang seharusnya belum tepat mereka tonton , dan lantas dampaknya apa ? ya mereka menjadi lebih agresif, berkata-kata kasar, dewasa sebelum usianya , dan banyak hal negatif lainnya , maka tidak heran selain banyaknya kemudahan yang bisa kita dapat dari kemajuan teknologi juga banyak dampak negatif yang ditimbulkannya , terlebih lagi pada anak-anak.