Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?

demam

  Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 380C. Demam menandakan adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh. Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih. Demam bisa terjadi pada siapapun, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Selain penyakit, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya demam, yaitu paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, siklus menstruasi, reaksi setelah pemberian imunisasi pada anak, serta efek samping obat-obat tertentu. Saat demam biasanya kita dianjurkan untuk banyak minum air putih.
  Menurut youdics kenapa sih kita dianjurkan banyak minum air putih saat demam?

Demam adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi yang ditandai dengan kenaikan suhu tubuh. Hal ini menyebabkan suhu tubuh meningkat secara drastis dan ini sangat tidak nyaman bagi penderita demam tersebut. Seseorang bisa dikatakan mengalami demam jika memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius. Maka dari itu, tubuh memerlukan banyak cairan untuk menurunkan suhu tubuh yang meningkat tersebut, salah satunya dengan banyak mengkonsumsi air putih. selain untuk pereda suhu tubuh, air putih juga memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat air putih :

  1. Mencegah dehidrasi
  2. Merawat kulit
  3. Mencegah penyakit batu ginjal
  4. mejaga tekanan darah
  5. memelihara kesehatan tubuh

Demam merupakan tanda bahwa sistem imun sedang bekerja melawan virus, bakteri, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh. Air menyusun 60-70% dari seluruh tubuh. Minum air yang hangat akan sangat membantu menurunkan suhu tubuh bagi orang yang mengalami demam. Dengan mengisi cairan pada tubuh, air putih akan menetralkan suhu tubuh dan juga untuk melarutkan racun-racun dalam tubuh. Pada demam ringan, mengonsumsi banyak air putih dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

Summary

Halodoc. 2018. Langsung Minum Obat Saat Demam, Bolehkah?. https://www.halodoc.com/artikel/langsung-minum-obat-saat-demam-bolehkah diakses pada 20 Agustus 2021

Demam terjadi saat set point pada pusat regulasi suhu tubuh ( termoregulator ) di otak (tepatnya di hipothalamus ) meningkat. Penyebabnya, bisa karena pajanan suhu panas berlebih, infeksi virus atau bakteri, pengaruh imunisasi, hiperaktifitas kelenjar tiroid, efek samping obat, keganasan, gangguan hormon, gangguan peradangan, atau juga penyakit kronis lainnya. Saat set point ini meningkat, tubuh akan dipacu untuk meningkatkan metabolismenya, sehingga panas tubuh akan juga diproduksi berlebihan, lalu timbullah demam. Seringnya, demam ini tidak muncul sendiri, melainkan juga diikuti dengan berkeringat berlebih, detak jantung dan frekuensi napas meningkat, kulit memerah, nyeri kepala, nyeri otot dan sendi, lemas, mudah lelah, serta banyak lagi keluhan lainnya.

Seperti telah disebutkan di atas, demam bisa membuat produksi keringat ikut meningkat. Imbasnya, anda akan berisiko mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak elektrolit. Bila kondisi ini tidak ditangani, maka gejala klinis yang muncul saat demam bisa semakin memburuk. Minum lebih banyak bisa membantu mengatasi kondisi ini. Dengan banyak minum, tubuh Anda pun akan menjadi lebih dingin, sehingga gejala lain yang kerap muncul bersamaan dengan demam pun bisa diredam, sehingga kondisi Anda pun akan lebih stabil.

Kondisi ini sesungguhnya tidak hanya berlaku bagi air putih, melainkan juga variasi minum lainnya. Hanya saja, dengan mengkonsumsi air putih risiko Anda untuk mengalami gangguan kesehatan lainnya, seperti peningkatan asam lambung, pun akan jauh berkurang. Lebih tepatnya, dengan banyak minum, memang keluhan yang muncul saat demam bisa jauh membaik.

Summary

Mengapa Minum Air Putih Yang Banyak Dapat Menstabilkan Suhu Tubuh Saat Demam? - Tanya Alodokter

Bisa dikatakan, minum air putih yang banyak dapat menstabilkan suhu tubuh saat demam. demam bisa membuat produksi keringat ikut meningkat. Imbasnya, Kita akan berisiko mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak elektrolit. Bila kondisi ini tidak ditangani, maka gejala klinis yang muncul saat demam bisa semakin memburuk. Minum lebih banyak bisa membantu mengatasi kondisi ini. Dengan banyak minum, tubuh kita pun akan menjadi lebih dingin, sehingga gejala lain yang kerap muncul bersamaan dengan demam pun bisa diredam, sehingga kondisi kita pun akan lebih stabil. Kondisi ini sesungguhnya tidak hanya berlaku bagi air putih, melainkan juga variasi minum lainnya. Hanya saja, dengan, risiko kita untuk mengalami gangguan kesehatan lainnya, seperti peningkatan asam lambung, pun akan jauh berkurang.