Kenapa membersihkan Karang Gigi di dokter gigi bisa berdarah?

karang gigi

Untuk membersihkan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic (scaler), yang biasanya akan membuat gusi kita berdarah.

Scaler bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. jadi alat ini yang digunakan untuk membersihkan gigi anda, bukan bur gigi. Dengan cara penggunaan yang benar alat ultrasonic ini cukup aman dan tidak mengikis bagi permukaan gigi dan akarnya. Jika ada bagian yang berdarah artinya di area tersebut terdapat banyak penumpukan karang gigi dan harus dibersihkan sampai tuntas.

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk, dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak.

www.klikdokter.com