Kenapa Manusia Butuh Sekali Support System?


Sumber foto
Support system merupakan sekumpulan orang, seperti teman, pacar, sahabat, keluarga yang selalu memberikan kita sebuah semangat dan motivasi untuk menjalankan segala aktivitas kita. Seperti yang kita ketahui bersama, manusia merupakan makhluk sosial, dengan begini kita sangat butuh yang namanya dukungan. Menurut kalian, kenapa si manusia itu butuh sekali support system selain menekankan kepada manusia itu merupakan makhluk sosial?

Menurut saya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain dalam bertindak. Mengenai support system sendiri, manusia memiliki tingkat percaya maupun depresi yang berbeda-beda tentunya. Ada yang bisa mengendalikan situasi seperti itu dengan hal-hal yang dianggap nya dapat memberikan kesenangan bagi bagi dirinya dan ada juga yang justru malah terpuruk dengan kondisi seperti itu. Support system disini menjadi salah satu penyemangat yang tidak hanya memberikan semangat tetapi lebih kepada memberikan saran serta mendengarkan segala permasalahannya dan membantu seseorang tersebut untuk menemukan bahkan membantu mencari sebuah solusi bersama-sama. Manusia sangat membutuhkan support system karena dengan begitu manusia akan mengerti untuk apa seseorang itu meraih sesuatu kalau bukan alasannya adalah adanya orang yang selalu mendukung setiap waktu yaitu support system tadi.

Manusia memiliki motivasi dan drive atau dorongan dalam membuat keputusan serta dalam membentuk persepsi. Motivasi dan drive ini berasal dari faktor internal yaitu individu itu sendiri dan faktor eksternal. Support system merupakan salah satu motivasi ekstrinsik untuk mebantu manusia dalam membentuk persepsi serta membuat keputusan. Support system juga merupakan bentuk kebutuhan dasar manusia dalam Teori Hierarki Kebutuhan Maslow yaitu social needs atau kebutuhan akan kasih sayang dan dukungan sosial. Oleh karena itu, manusia membutuhkan support system karena sudah termasuk ke dalam kebutuhan dasar manusia agat daat beraktualisasi diri.

Psikolog dan profesional kesehatan mental lainnya sering mengatakan, support system yang kuat adalah hal yang penting untuk dimiliki. Ketika mencoba mencapai tujuan atau menghadapi krisis, para ahli sering kali memohon agar kamu bersandar pada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan. Penelitian yang dipublikasikan American Psychological Association menunjukkan, ada hubungan kuat antara hubungan sosial dan berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan. Dukungan sosial yang buruk telah dikaitkan dengan depresi dan kesepian. Hal ini terbukti meningkatkan risiko depresi, bunuh diri, penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang, penyakit kardiovaskular, dan perubahan fungsi otak. Begitu pentingnya support system yang kuat untuk kesehatan, oleh karena itu kamu harus membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kamu.

Hubungan sosial dapat membantu orang untuk tetap termotivasi ketika mencoba mencapai tujuan mereka. Orang yang berusaha menurunkan berat badan atau berhenti merokok sering menemukan bahwa menjalin hubungan dengan orang yang juga aktif menjalankan hidup sehat juga akan membantumu mencapai tujuan yang sama. Berbicara dengan orang-orang yang mengalami pengalaman yang sama juga dapat menjadi sumber dukungan, empati, dan motivasi untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.