Kenapa Kantong Teh Celup Tidak Mudah Rusak?

Kenapa Kantong Teh Celup Tidak Mudah Rusak?


Kantung teh adalah kantung atau kemasan kecil, berpori dan tersegel yang diisi dengan bahan tumbuhan kering, yang dicelupkan ke dalam air untuk membuat teh atau infusi. Biasanya, kantung tersebut diisi dengan daun teh (Camellia sinensis), namun istilah tersebut juga ditujukan kepada teh herbal yang terbuat dari herbal atau rempah-rempah. Kantung teh umumnya terbuat dari kertas filter atau plastik layak pangan, atau terkadang sutra.

Kantong teh celup umumnya terbuat dari kertas dan plastik. Kantong teh celup terbuat dari kertas biasanya berupa jenis kraft dilapisi plastik polietilen yang berfungsi dalam perekatan panas. Industri kertas untuk kemasan pangan sudah tidak menggunakan senyawa klorin sebagai pemutih dan syarat ini sertakan pada saat permohonan penilaian keamanan produk.

Polietilen yang digunakan sebagai fungsi perekatan tidak meleleh pada suhu titik didih air, hal ini terlihat saat kantong kertas teh celup tidak terbuka saat diseduh dengan air panas.

Kantong teh celup yang terbuat dari kertas tidak mudah rusak ketika bersentuhan dengan air karena dalam pembuatan filter teh/ kertas penyaring kopi berdasarkan parameter berikut:

  • Kekuatan
  • Kompatibilitas
  • Efisiensi dan Kapasitas

Jika kantong teh celup/ saringan teh tidak memiliki kekuatan yang cukup, kantong teh akan mudah sobek. Kompatibilitas menggambarkan resistensi media filter terhadap regradasi oleh serangan panas dan kimia. Efisiensi yaitu retensi partikel dalam kategori target.Kapasitas yaitu kemampuan untuk menahan partikel-partikel yang sebelumnya dihilangkan, sambil memungkinkan aliran lnjut. Sehingga dengan memperhatikan parameter tersebut dapat menghasilkan kantong teh/ penyaring teh yang baik.