Kenapa Anak SMK Cenderung Langsung Bekerja Ketika Lulus SMK?

5-Alasan-Kenapa-Kalian-Harus-Sekolah-di-Jepang-1

Lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tentu disiapkan untuk bekerja dan SMK merupakan pendidikan menengah yang menyiapkan siswa didik untuk langsung dapat bekerja setelah lulus nantinya. Siswa SMK bisa dibilang “ learning by doing ”, yang mana siswa selain belajar teori juga harus melaksanakan praktik yang sangat banyak. Maka biasanya lulusan SMK diharapkan langsung bekerja tanpa melanjutkan ke bangku kuliah atau pendidikan yang lebih tinggi.

Banyak lulusan SMK masih bingung dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk masa depan yaitu kerja, kuliah atau kerja sambil kuliah. Tetapi, kebanyakan dari mereka langsung memilih untuk bekerja daripada melanjutkan kuliah.

Menurut teman-teman, apakah mindset seperti itu memang sudah tertanam ketika mereka duduk di bangku SMK atau hanya mengikuti orang-orang terdekat mereka saja? Tulis pendapat teman-teman di bawah ya!

Sepemahaman dan sepengetahuan saya mengenai SMK, sekolah kejuruan memang diperuntukkan untuk anak-anak yang memiliki prospek untuk langsung bekerja setelah sekolah. Itu sebabnya SMK memang dijuruskan dengan sedetail mungkin dan lebih banyak pembelajaran yang bersifat praktikal daripada teori sebagai persiapan siswa agar langsung siap memasuki dunia kerja sesuai bidangnya tanpa melanjutkan ke bangku kuliah. Namun, apabila siswa lulusan SMK ingin melanjutkan ke bangku kuliah untuk memperkuat pola dan dasar berpikir yang lebih teoretikal pun tidak masalah. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing siswa.

Melihat dari nama yang diberikan saja, orang-orang akan cenderung berpikir bahwa mereka akan melanjutkan kerja begitu lulus sekolah. Menurut saya, ini merupakan hal yang wajar. Kurikulum SMK yang diatur sedemikian rupa juga lebih mengarahkan peserta didiknya untuk bersiap memasuki dunia kerja. Ditambah lagi dengan kewajiban PKL semasa sekolah semakin mendukung hal tersebut.

Oleh karena itu, anak SMK cenderung memilih untuk langsung bekerja karena doktrin dari lingkungannya. Saat dia memilih untuk masuk SMK, maka secara tidak langsung presepsi itu akan melekat pada dirinya. Selain itu, menurut saya, langsung bekerja bukan sesuatu hal yang buruk, malahan ada rasa kagum karena seusia mereka yang terbilang masih sangat muda, bisa langsung terjun ke lapangan. Namun, tentunya hal ini tidak semata-mata menyenangkan. Setahu saya, pada beberapa pekerjaan, kenaikan pangkat lebih mudah dicapai bagi orang-orang yang riwayat pendidikannya lebih tinggi.

kalau menurut saya hal tersebut memang kembali kepada individu masing-masing, tetapi kebanyakan dari orang disekitar saya memilih bekerja karena memang mendapatkan tawaran. Biasanya perusahaan yang belum begitu besar memilih mencari pekerja dengan lulusan SMK karena gajinya tidak begitu mahal. selain itu mereka juga sudah pandai sesuai bidangnya hanya perlu sedikit penyesuaian dengan perusahaan atau tempatnya bekerja.

selain itu, banyak juga yang ingin membantu orang tua untuk membayar biaya kuliah jadi memilih langsung bekerja agar uangnya segera terkumpul, dan biasanya mereka akan tetap melanjutkan bekerja tetapi sambil kuliah juga.

menurut saya karena saat SMK sudah pasti punya pengalaman praktek kerja yang sesuai dengan bidang yang digeluti, jadi setelah lulus mereka cenderung memilih untuk langsung bekerja karena sudah memiliki pengalaman saat berada di SMK, meski tidak jarang juga ada yang melanjutkan untuk kuliah