Kenangan Bersama TAMIYA yang tak terlupakan

Ceritanya waktu lagi ngeliatin rak kaca yang berisi koleksi Gundam di rumah, tiba-tiba flashback memory muncul dan keingetan waktu kecil dulu pernah main mobil balap yang namanya Tamiya, dan kebetulan si Tamiya itu belum ada di dalam rak kaca koleksi ini. Seketika muka jadi tersenyum lebar. Hehehe..

Sejarah singkat aja, Tamiya adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Yoshio Tamiya di Shizuoka, Jepang pada tahun 1946. Mini 4WD (4-Wheel-Drive) sendiri adalah sejenis model miniatur mobil balap rakitan yang terbuat dari plastik berskala 1/20 (1:20) hingga 1/48 (1:48), bermesin dinamo dengan sumber tenaga sepasang battery AA dan dikendalikan tanpa remote control yang diproduksi oleh Tamiya Incorporated. Jadi, Tamiya adalah nama pendiri dan penemu jenis mainan Mini 4WD ini.

tamiya

Di Indonesia sendiri, mainan ini cukup populer dan sampai saat ini masih banyak komunitas dan event-event yang mengadakan lomba mobil Mini 4WD ini. Apalagi dulu sempat dibuat serial televisinya berjudul Dash Yonkuro. Seperti apa sih mobilnya? Berikut contohnya:

yonkuro-team

Nah, untuk lebih jelas tentang Tamiya ini silahkan googling saja karena di internet ada banyak sekali penjelasan mengenai Tamiya, Mini 4WD, jenis race-nya, dll.

Sekarang saya mau sharing tentang apa yang terjadi setelah saya teringat tentang Tamiya Mini 4WD. Yup, sudah pasti dengan semangat saya langsung cari info sekarang ini dimana saya bisa beli mobil Tamiya Mini 4WD beserta accessories-nya, ternyata di toko-toko mainan jaman sekarang seperti Kidz Station, Toys City, dan Toys Kingdom sudah tidak menjualnya lagi. Alhasil karena udah kepengen banget, saya cari via online shop dan ketemu. Mobil pertama yang saya pilih untuk memulai kembali memory masa kecil ini adalah Rise Emperor. Kenapa? Karena yang pasti Rise Emperor adalah mobil milik Yonkuro Hinomaru sang jagoan utama, dan juga karena Rise Emperor menggunakan MA Chassis yang menurut selara saya adalah type chassis paling pas untuk race dan modification. Penjelasan mengenai jenis chassis bisa dilihat disini. Selain itu, saya juga sekalian langsung membeli parts modification-nya agar bisa langsung saya rakit sesuai keinginan.

Berikut tampilannya:

Proses rakitnya sangat cepat, saya hanya butuh 1 jam untuk merakit dari awal sampai selesai sesuai dengan bentuk modifikasi yang saya inginkan (STO style). Adapun parts yang pilih adalah:

– HG Carbon Front Stay 20th Anniv 1.5mm (95253)
– HG Carbon Rear Stay 3mm (95259)
– HG Carbon FRP Multi Roller Asia Challange 1.5mm (95223)
– HG Carbon Reinforcing Plate Marking 1.5mm (15495)
– Mass Dameper Set Heavy (94842)
– Stabilizer Ball Cap (15386)
– Aluminum Roller Japan Cup 2016 (95095)
– Aluminum Spacer Set 1.5/3/6/12mm (15473)
– Custom Screw 25,30,35mm
– Custom Screw M2 40mm

Next project rencananya saya akan build 1 mobil lagi karena kebetulan Mas Aim sangat excited waktu kami sama-sama merakit Rise Emperor ini. Supaya kita berdua bisa balapan. Hehehe.. 🙂

 

Percayalah gan aku dirumah masih ada 4 tamiya yang masih kusimpan dengan baik loh digudang :smiley: meskipun entah itu masih bisa digunakan atau tidak tapi karena post jadi pengen ikut bernostalgia aku :frowning: jadi ikutan sedih :frowning: