Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kebutuhan barang pokok (grocery) online adalah Webvan, dan mungkin bisa juga dikatakan ialah perusahaan inilah yang memulai perdagangan barang rumah tangga secara online. Perusahaan yang bertempat di Caifornia, US, ditemukan pada tahun 1996 dan meraih 375 juta dolar pada November 1999. Namun pada July 2001, Webvan menutup bisnisnya, dikarenakan merugi pada tiap tahunnya. Berbagai sumber, baik buku, artikel, jurnal telah banyak menganalisis sebab-sebab jatuhnya Webvan, salah satunya adalah artikel dari techcrunch, Webvan banyak membuat kesalahan dari mahalnya barang yang dijual, membuat infrastruktur yang terlalu kompleks. Meskipun telah banyak menuai keuntungan, namun Webvan terus berfokus pada warehouse, yang mana terus meningkatkan perkembangan pada gudangnya dengan menggunakan bantuan robot, menguras pendapatannya dengan menempatkan orang-orang terbaik hanya untuk pengelolaan gudangnya, dengan algoritma-algoritma yang rumit hingga terciptalah robot untuk membantu dalam masalah pergudangan.
Untuk segi desain website, mungkin dikarenakan telah cukup lama dan belum banyak layanan online, cukup banyak yang puas dan mendapat cukup banyak rate, yaitu rata-rata sekitar 4/5, meskipun tampilan website cukup biasa dengan gambar konten yang flat dan kurang menarik, sehingga seharusnya diperbaiki. Pelayanan yang diberikan juga cukup memuaskan, meskipun beberapa sumber menyatakan bahwa Webvan sering terlambat dalam mengantarkan barang dagangannya.