Kemampuan luar biasa apa saja yang dimilik oleh otak kita?

otak

(mandala aditya) #1

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Sumber : wikipedia


(wahyu musa gunawan ) #2

##Otak kita mempunyai kemampuan Intuisi fisika

Menurut Jason Fischera, John G. Mikhaela, Joshua B. Tenenbauma, dan Nancy Kanwishera, dalam studi terbaru yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, yang berjudul Functional neuroanatomy of intuitive physical inference. menemukan bahwa area otak yang menjadi aktif ketika seseorang memprediksi bagaimana objek bergerak berdasarkan hukum-hukum fisika.

Sumber : pnas.org

Contoh otak kita mempunyai intuisi fisika adalah, Pada Gambar A, kita bisa tau buah mana yang akan kita ambil yang tidak mengakibatkan buah-buah lainnya jatuh. Pada Gambar B, kita tahu bahwa mendorong sisi pintu terluar jauh lebih efisien dibandingkan dengan mendorong dari sisi terdalam pintu putar. Gambar C dan D memperlihatkan walaupun laptop kita sama-sama di dekat air, tetapi kita tau bahwa posisi laptop kita jauh lebih berbahaya di Gambar C dibandingkan dengan Gambar D.

“Sulit untuk menghargai peran penalaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kecuali Anda memperhatikan dengan seksama hal-hal yang Anda lakukan,” kata Ahli kognitif Jason Fischer dari Johns Hopkins University yang merupakan salah satu penulis jurnal tersebut.

Untuk menemukan letak intusisi fisika diproses di otak, Fischer dan timnya meminta 12 partisipan menyaksikan video tentang menara blok dan memindai otak mereka. Para partisipan diminta untuk memperhatikan informasi visual dan memprediksi ke arah mana blok-blok itu akan jatuh.

Hasil pemindaian otak menunjukkan bahwa ketika para partisipan mencoba untuk memprediksi terungkapnya peristiwa fisika, beberapa daerah otak menjadi lebih aktif . Percobaan tambahan juga mengungkap bahwa area otak yang sama juga aktif ketika partisipan secara pasif menyaksikan video yang melibatkan banyak aksi fisika, seperti objek yang bergulir dan berbenturan.

Sumber : pnas.org

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa intiusi fisika dan perencanaan tindakan sangat terkait erat dengan otak kita.

Kami yakin ini mungkin terjadi karena bayi belajar fisika saat mengasah kemampuan motorik mereka,” kata Fischer.

Sumber :

  1. pnas.org
  2. huffingtonpost.com
  3. nationalgeographic.co.id/