Kelebihan dan Kekurangan Seni Lukisan Cat Minyak

Menggunakan cat minyak sebagai media lukis ternyata memiliki beberapa kelebihan juga kekurangan. Apa sajakah kelebihan dan kekurangannya?

Jika Anda mempunyai sisi artistik, maka kami yakin Anda akan suka dengan jenis seni ini. Lukisan cat minyak memiliki kecenderungan untuk kering secara perlahan-lahan. Bahkan, mengering lebih lambat dibanding cat lain di luar sana. Hal ini karena cat minyak terbuat dari partikel kecil pigmen.

Ketika berbicara tentang jenis lukisan, ada kelebihan dan kekurangan. Jika Anda lupa tentang cat minyak Anda dan meninggalkannya terbuka, maka cat minyak tersebut tidak akan kering secepat cat lain. Karena dibutuhkan waktu lebih lama bagi cat minyak untuk mengering, cat dalam tabung tidak akan kering jika dibiarkan terbuka. Bahkan, bisa memakan waktu hingga beberapa minggu untuk kering. Hal ini juga memudahkan seniman untuk meninggalkan gambar mereka dan kembali pada sesi yang berbeda tanpa takut lukisan itu akan mengering terlalu dini. Tentu saja, bagi banyak orang, ini dapat dilihat sebagai kerugian karena lambatnya pengeringan bisa membuat mereka sulit untuk pergi ke tahap berikutnya dari proyek mereka.

Cat jenis ini sangat bagus dalam pencampuran dengan cat yang di sekitarnya. Ketika dicampurkan pada kanvas, akan tercipta goresan unik yang tidak mungkin dengan cat jenis lain. Tentu saja, bagi sebagian orang, keuntungan seperti ini juga bisa dipandang sebagai suatu kerugian karena berbaur warna-warna yang tidak dimaksudkan untuk berbaur.