Keindahan Laguna Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Jogja menawarkan berbagai macam keindahan dan kenangan bagi mereka yang mengunjungi kota yang dikenal dengan jalan malioboronya ini. Ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh Jogja, salah satunya pantai yang terletak di Gunung Kidul, yaitu Pantai Wediombo.

Sesuai dengan namanya Wediombo atau “pasir yang luas”, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup luas jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Untuk mencapai bibir pantai kamu harus menuruni puluhan anak tangga dari lokasi parkir kendaraan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan disini, mulai dari berenang, memancing, surfing, sewa motor trail, camping dll.

Pantai Wediombo memang dikelilingi oleh perbukitan. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai menjadikan pantai ini sejuk dan tidak gersang seperti pantai lainya yang ada di Yogyakarta. Gugusan karang yang ada di Pantai Wediombo merupakan fenomena geologi yang berasal dari batuan Gunung Api Purba.

Setiap setahun sekali, penduduk lokal mengadakan ritual ‘Ngalagi’ di Pantai Wediombo, yang mana upacara adat ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil panen yang melimpah serta untuk memohon rejeki di tahun-tahun yang akan datang.

Bagi kamu penikmat fotografi, Pantai Wediombo kamu bisa mengasah skill-mu disini. Mau memotret ombak dengan teknik slow speed, memotret milky way, memotret senja, hingga memotret orang-orang yang sedang berselancar, semua bisa di capture dengan lensamu disini. Bagi para sunset hunter, waktu terbaik untuk berkunjung ke Wediombo adalah bulan November – Mei. Pada saat itu matahari tenggelam tepat di horizon.

Sumber:
http://kesiniaja.com/wisata-indonesia/nikmatnya-bersantai-di-laguna-pantai-wediombo-gunung-kidul-jogja/