Kegunaan Lain Minyak Kelapa yang Dapat Untuk Mengatasi Kulit Kering

Minyak kelapa punya kandungan baik, seperti asam lemak jenuh dan vitamin. Ada yang biasa meminumnya untuk menjaga kesehatan, ada yang menggunakannya sebagai minyak pijat, dan ada juga yang menggunakannya sebagai perawatan kulit.

1. Pengganti Lip Balm
Kadang, saking keringnya bibir Anda, lip balm dari brand mana pun tidak bisa melembapkannya. Tetap saja pecah-pecah dan membuat aplikasi lipstik berantakan. Nah, minyak kelapa bisa membantu mengatasi hal ini. Untuk pemakaian di rumah, coba gunakan sedikit saja dan baurkan dengan jari langsung pada bibir. Kalau mau dibawa-bawa, Anda bisa mengisi pot kecil bekas krim wajah atau lensa kontak dengan minyak ini. Agar pemakaiannya tidak berantakan atau terlalu banyak, Anda bisa gunakan kuas bibir untuk mencolek minyak kelapa dan membaurkannya pada bibir.

2. Penghalus Kaki Kasar dan Kapalan
Dibanding kulit tangan, kulit kaki biasanya jarang mendapat perhatian. Hasilnya, ya kulit kaki terlihat kering dan bersisik. Paling sedih sih kalau ada acara penting atau mau liburan ke pantai. Bisa-bisa Anda miris melihat kaki sendiri. Coba gunakan minyak ini yuk untuk melembapkan dan menghaluskan kulit kaki yang kering dan kasar. Gunakan seperti body oil biasa dan pastikan takarannya tidak terlalu banyak. Gunakan sedikit-sedikit dan baru tambahkan jika dirasa kurang. Minyak ini juga bisa dipakai untuk melembutkan kaki kapalan sebelum Anda menggunakan foot file.

3. Masker Rambut
Nah, kegunaan minyak kelapa yang satu ini sudah dipakai sejak dulu. Asam lemak dan vitamin di dalam minyak kelapa bisa membantu rambut tumbuh lebih sehat dan berkilau alami. Minyak ini juga dipercaya dapat melembutkan dan menghaluskan rambut. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut. Gunakan minyak secukupnya pada seluruh rambut setelah keramas. Tunggu sekitar lima menit dan bilas hingga bersih.

4. Perawatan Kulit Area Mata
Kulit di sekeliling mata cenderung sensitif dan mudah kering karena lebih tipis dibanding kulit di area wajah lainnya. Kalau tidak dirawat dengan benar, biasanya nih kerutan dan mata panda akan lebih mudah muncul. Kalau tidak punya krim mata atau belum menemukan produk yang cocok, coba gunakan minyak kelapa! Cara pakainya sama seperti pakai krim mata pada umumnya. Colek sedikit dengan jari manis dan baurkan dengan cara menepuknya terlebih dahulu, lalu pijat perlahan.

5. Pengganti Krim Cukur
Apakah Anda sering merasa kulit Anda menjadi jauh lebih kering setelah Anda selesai mencukur bulu halus tubuh? Jika Anda lebih sering mencukur bulu halus ketimbang waxing, mungkin Anda bisa mempertimbangkan menggunakan minyak kelapa sebagai krim cukur. Minyak ini memiliki kekentalan yang sedang, tidak encer dan tidak pekat. Formulanya juga lembut dan licin di kulit, sehingga Anda tidak akan menemui kesulitan saat menggunakan pisau cukur. Plus, minyak kelapa juga bagus untuk melembapkan kulit.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/kegunaan-lain-minyak-kelapa-kulit-kering/