Kegiatan apa saja yang tidak kita sadari dapat merusak lingkungan?

merusak lingkungan

Apa yang ditanam itulah apa yang akan dipetik. Ironisnya yang akan memetik bukan hanya yang menanam saja terutama pada dampak negatifnya.

Kegiatan yang dapat Merusak Lingkungan

Ironisnya, saat ini hal tersebut tidak diindahkan oleh banyak orang yang hanya peduli dengan dirinya sendiri tanpa melihat pengaruhnya terhadap orang lain. Berikut adalah beberapa kegiatan manusia yang merusak hutan atau lingkungan.

  1. Pertanian

Manusia seringkali melakukan sesuatu hal yang memang bertujuan baik namun juga tidak baik untuk lingkungan. Kegiatan pertanian yang dilakukan oleh para petani ini biasanya dilakukan dengan melakukan penggundulan hutan yang dapat menjadi penyebab banjir dan tanah longsor . Penggundulan hutan ini dilakukan untuk memudahkan mereka dalam bercocok tanam supaya tanahnya tidak keras. Pertanian yang dilakukan misalnya untuk menanam sayuran, padi dan lainnya. Meskipun tanah ditanami oleh tanaman lainnya namun karakteristik dari pohon dan vegetasi pertanian berbeda dan bisa membuat tanah menjadi tidak subur dan menjadi penyebab tanah tandus. Selain itu karena vegetasi pertanian ini tidak kuat jika di musim hujan tanah akan mudah terkikis dan hal ini bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor.

  1. Pembakaran hutan

Pembakaran hutan dalam beberapa dekade ini menjadi masalah yang sangat serius karena menyebabkan banyak kerugian baik secara ekonomi maupun sosial. Kesehatan masyarakat terganggu akibat pekatnya asap yang masuk ke dalam tubuh manusia. Pembakaran hutan biasanya dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena untuk meminimalkan biaya produksi, jika hutan dibabat dengan cara manual atau tidak dibakar maka akan menambah biaya produksi yang sangat mahal oleh karena itu dilakukanlah pembakaran hutan.

Pembakaran hutan menyebabkan kehidupan yang ada di dalamnya rusak bahkan yang ada di dalam lapisan atmosfer. Di Indonesia pembakaran hutan terjadi setiap tahun karena tidak ada tindakan tegas yang diberikan kepada para pelaku yang akan memberikan dampak akibat hutan gundul yang dapat merugikan warga sekitar dan lingkunan sekitar . Pelaku yang ditangkap merupakan pesuruh namun para pembesarnya tidak ditangkap.

  1. Teknologi dan industri

Seiring dengan perkembangan zaman juga menghasilkan populasi penduduk yang semakin meningkat dimana kebutuhan akan tempat tinggal dan pekerjaan juga meningkat. Karena lahan semakin sempit maka hutan menjadi sasaran empuk untuk dijadikan lahan tempat tinggal maupun pabrik-pabrik. Dengan penggusuran hutan ini maka luas hutan akan semakin berkurang, seperti misalnya di daerah puncak bogor di provinsi jawa barat saat ini bagian bukitnya sudah banyak dibangun vila-vila dan menyebabkan banjir.

  1. Pencemaran

Pencemaran ini bisa berupa pencemaran tanah, air dan udara yang akan mudah menjadi penyebab pemanasan global. Sisa hasil teknologi seperti pabrik biasanya serta merta dibuang ke lingkungan tanpa melakukan penyaringan terlebih dahulu sehingga membuat lingkungan tercemar yang akan menjadi proses terjadinya efek rumah kaca