Kegagalan Material Pada Silver Bridge di West Virginia (1967)

Pada tanggal 15 Desember 1967 sekitar jam 5 sore, jembatan Highway 35 AS yang menghubungkan Point Pleasant, West Virginia dan Kanauga, Ohio tiba-tiba runtuh ke Sungai Ohio. Pada saat kerusakan, 37 kendaraan sedang melintasi rentang jembatan, dan 31 dari mobil itu jatuh bersama jembatan. Peristiwa ini mengakibatkan 46 orang tewas dan 9 lainnya luka parah. Seiring dengan banyaknya korban jiwa dan cedera, jalur transportasi utama yang menghubungkan West Virginia dan Ohio hancur, mengganggu kehidupan banyak orang dan menimbulkan ketakutan di seluruh negeri.

The General Corporation dan the American Bridge Company membangun SIlver Bridge pada tahun 1928. Ini dirancang sebagai jembatan jenis suspensi mata-palang dua jalur, dengan panjang total 2.235 kaki. Jembatan itu dirancang berdasarkan spesifikasi yang ditetapkan oleh American Society of Civil Engineers. Jembatan itu dijuluki ‘Silver Bridge’ karena jembatan pertama yang di cat dengan aluminium di negara itu.

image

Menurut analisis ahli, penyebab runtuhnya jembatan karena adanya cacat tunggal di seksi 330 pada bagian sistem rantai utara Ohio. Awal keruntuhan disebabkan karena adanya retakan kecil pada sistem penahan jembatan yang kemudian berkembang menjadi korosi internal dan lebih lanjut dinamakan korosi tegangan. Lubang yang terbentuk pada permulaan hanya memiliki kedalaman 2,5 mm dan kemudian rusak dalam tampilan getas. Pertumbuhan retakan sendiri disebabkan adanya kesalahan manufaktur yang menyebabkan adanya tegangan residu pada bagian rantai. Pada masa itu, belum ditemukan adanya teknologi yang mampu mendeteksi cacat pada logam.
Setelah peristiwa tersebut, dikembangkanlah teknologi untuk pengujian tanpa merusak yang dikenal dengan nama Non-Destructive Test (NDT).

Sumber :
West Virginia Historical Society Quarterly Vol. XV, No. 4 October, 2001 The Collapse of the Silver Bridge by Chris LeRose
https://www.corrosion-doctors.org/Bridges/Silver-Bridge.htm